Text
ASPEK BUDAYA JAWA NOVEL CANTING KARYA ARSWENDO ATMOWILOTO DAN PEMBELAJARAN SATRA DI SMA
ABSTRAK:
Isti Fatimah, 1210301032, Skripsi 2016. Aspek Budaya Jawa Novel Canting Karya Arswendo Atmowiloto dan Pembelajaran Sastra di SMA, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Skripsi yang berjudul Aspek Budaya Jawa Novel Canting Karya Arswendo Atmowiloto dan Pembelajaran Sastra di SMA, ini dilatarbelakangi oleh salah satu nilai kehidupan dalam karya sastra yaitu nilai budaya. Budaya sering kali tidak dipahami secara penuh oleh siswa dan generasi muda sekarang ini. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah aspek budaya apa sajakah yang terdapat dalam novel Canting karya Arswendo Atmowiloto? dan bagaimana implementasi pembelajaran aspek budaya Jawa dalam novel Canting karya Arswendo Atmowiloto?. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan deskripsi aspek budaya Jawa dalam novel Canting karya Arswendo Atmowiloto dan membuat rancang bangun pembelajaran aspek budaya Jawa dari novel Canting karya Arswendo Atmowiloto di SMA. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan beberapa teori dan metode untuk memecahkan masalah. Landasan teori yang digunakan adalah teori karya sastra dalam hal ini novel, teori budaya dan teori pembelajaran sastra di SMA. Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik baca dan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan yaitu Novel Canting Karya Arswendo Atmowiloto. Pada penelitian ini ditemukan enam unsur budaya Jawa yang ada dalam novel Canting yaitu 1) bahasa, 2) sistem teknologi, 3) sistem mata pencaharian, 4) organisasi sosial, 5) sistem pengetahuan, 6) sistem religi. Enam unsur tersebut menggambarkan sifat dan karakter masyarakat suku Jawa dari masa ke masa mulai dari tingkah laku hingga pedoman hidup yang dipegang erat. Misalnya penggunaan bahasa krama inggil yang dilakukan istri kepada suaminya sebagai bentuk penghormatan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi terkait pembelajaran nilai-nilai budaya dalam sebuah karya sastra novel, untuk pengembangan pembelajran sastra di SMA terutama pada unsur ekstrinsik novel yang berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan. Kata Kunci : Aspek Budaya, Novel Canting, dan Pembelajaran Sastra.
61-UN57.4.1- 2016 | INDONESIA FAT A 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain