Text
USING CRAWFORD SLIP WRITING TECHNIQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL OF THE EIGHTH GRADERS OF SMP N 2 PAKIS IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang harus diajarkan guru kepada siswa. Masalah yang dihadapi siswa kelas sembilan SMP N 2 Pakis adalah rendahnya motivasi belajar bahasa Inggris. Mereka kesulitan dalam mengorganisir dan mengekspresikan ide dalam paragraf yang baik. Rata-rata hasil tes bahasa Inggris yaitu tidak mencapai 75 sebagai kriteria ketuntasan minimal. Ada dua tujuan dari penelitian ini. Yang pertama adalah untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Crawford Slip Writing dapat meningkatkan motivasi belajar dalam menulis teks deskriptif siswa kelas delapan. Yang kedua adalah untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Crawford Slip Writing dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas delapan. Subjek penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah 35 siswa dari kelas VIII SMP N 2 Pakis. Penulis melakukan penelitian dalam dua siklus. Penulis mengumpulkan data dengan menggunakan tes pada akhir setiap siklus, penulis juga menggunakan non-tes untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi dan kuesioner menunjukan bahwa ada peningkatan motivasi setelah penulis mengajar siswa menggunakan teknik Crawford Slip Writing.
Motivasi siswa pada proses pembelajaran meningkat. Peningkatan terjadi pada tes tertulis. Rata-rata nilai siswa meningkat. Dalam Pra-Siklus, skor rata-rata adalah 62.06. Dalam siklus I rata-rata adalah 68.06, sedangkan pada siklus II adalah 77.68. Berdasarkan data analisis, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan teknik Crawford Slip Writing mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menulis teks deskriptif. Kata Kunci: teknik crawford slip writing, pembelajaran kooperatif.
62- UN57-4.1-2016 | INGGRIS PRI U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain