Text
USING BIG PAPER TEHCNIQUE TO IMPROVE THE HORTATORY EXPOSITION TEXT WRITING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF MAN PARAKAN TEMANGGUNG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu ketrampilan bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah-sekolah menengah atas. Sehubungan dengan hal ini, hasil dari ketrampilan menulis teks hortatory exposition para siswa kelas XI MAN Parakan Temanggung belum memuaskan. Nilai rata-rata dari ketrampilan menulis teks hortatory exposition hanya 61,96 dan masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal, yaitu 75. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan faktor eksternal. Ada dua tujuan penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui apakah ada atau tidak ada peningkatan motivasi pembelajaran menulis teks hortatory exposition dengan menggunakan Teknik Big Paper di kelas XI MAN Parakan Temanggung. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan ketrampilan menulis teks hortatory exposition dengan menggunakan Teknik Big Paper siswa kelas XI MAN Parakan Temanggung. Untuk mencapai tujuan penelitian, penulis melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini diadakan di MAN Parakan Temanggung. Penulis melakukan penelitian tindakan kelas dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah pre-siklus dan dua fase terakhir adalah Siklus I dan Siklus II. Penulis mengadakan proses belajar mengajar pada siklus I dan II, yang dilengkapi dengan kuesioner, lembar observasi dan tes untuk mengumpulkan data. Ada perubahan pada motivasi belajar siswa. Pada pertemuan pertama, para siswa tidak memiliki semangat dan tidak tertarik untuk belajar teks hortatory exposition. Dalam siklus I, hanya beberapa siswa siap untuk bergabung dengan kelas bahasa Inggris. Namun, sebagian besar siswa tidak menunjukkan antusiasme mereka selama proses belajar mengajar. Dalam Siklus II mereka memiliki motivasi yang lebih baik dan lebih aktif di kelas. Mereka senang belajar teks hortatory exposition menggunakan Teknik Big Paper yang dikembangkan oleh penulis. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Teknik Big Paper dapat meningkatkan motivasi siswa kelas XI MAN Parakan Temanggung dalam belajar menulis teks hortatory exposition. Dengan menggunakan teknik ini, ketrampilan menulis teks hortatory exposition siswa meningkat dan skor mereka lebih tinggi dan memuaskan. Penulis menyarankan guru bahasa Inggris untuk menggunakan Teknik Big Paper sebagai teknik alternatif dalam mengajar ketrampilan menulis. Penulis juga memberikan saran kepada siswa untuk lebih aktif dan menguasai Teknik Big Paper dalam belajar menulis. Kata kunci: ketrampilan menulis, hortatory exposition, teknik big paper
64-UN57.4.1.2-2016 | INGGRIS NUR U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain