Text
LATAR SOSIAL DALAM NOVEL BULAN DILANGIT ATHENA KARYA ZHAENAL FANANI DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA
ABSTRAK:
Asfiati Endah Fitriani, 1210301037, Skripsi 2016. Latar Sosial dalam Novel Bulan di Langit Athena Karya Zhaenal Fanani dan Pembelajarannya di SMA, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Skripsi yang berjudul Latar Sosial dalam Novel Bulan di Langit Athena karya Zhaenal Fanani dan Pembelajarannya di SMA, ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap permasalahan sosial para penderita HIV/AIDS dan tokoh lain di sekitarnya berdasarkan latar sosial dalam novel Bulan di Langit Athena karya Zhaenal Fanani, sehingga penelitian ini penting untuk menambah ilmu pengetahuan siswa SMA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah latar sosial apa saja yang terdapat dalam novel Bulan di Langit Athena karya Zhaenal Fanani? dan bagaimana implementasi pembelajaran tentang latar sosial pada novel Bulan di Langit Athena karya Zhaenal Fanani di SMA?, sedangkan tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi latar sosial yang terdapat dalam novel Bulan di Langit Athena karya Zhaenal Fanani dan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengenai latar sosial dalam novel Bulan di Langit Athena karya Zhaenal Fanani di SMA. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengertian novel, unsur intrinsik, teori yang berhubungan dengan latar sosial, HIV/AIDS, dan pembelajaran sastra. Sumber data penelitian ini adalah Novel Bulan di Langit Athena karya Zhaenal Fanani. Metode penyediaan data menggunakan metode simak dengan teknik baca dan teknik catat yang kemudian dilakukan proses pengkodean dan reduksi data. Selain itu, metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis teks. Penelitian ini menunjukkan adanya 69 data berupa teks yang mengandung latar sosial berupa kebiasaan hidup, tradisi, keyakinan, pandangan hidup, cara berpikir, dan cara bersikap para penderita HIV/AIDS dan tokoh lain di sekitarnya. Hasil penelitian di atas dapat diimplementasikan di SMA dalam pembelajaran latar sosial dalam novel sesuai dengan silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) kelas XI semester gasal, yaitu pada Standar Kompetensi (SK) 7 Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia atau novel terjemahan. Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan, yaitu KD 7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai referensi pembaca terkait pembelajaran tentang latar sosial dalam suatu karya sastra, bermanfaat bagi siswa untuk memahami danmenganalisis latar sosial dalam novel yang dibaca, dan bermanfaat bagi guru sebagai tambahan materi pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Kata Kunci : Latar Sosial, Novel Bulan di Langit Athena, dan Pembelajarannya di SMA.
65-UN57.4.1- 2016 | INDONESIA FIT L 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain