Text
USING CRAWFORD SLIP METHOD TO IMPROVE THE ANALYTICAL EXPOSITION TEXT WRITING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA TARAKANITA MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional dan ini diucapkan di sebagian besar
peristiwa international dan digunakan sebagai media arus ilmu, tekhnology dan budaya.
Belajar bahasa asing adalah sebuah proses yang terintergrasi bahwa peserta didik harus
mempelajari empat keterampilan dasar. Menulis adalah salah satu keterampilan penting
yang harus dikuasai oleh siswa. Namun, siswa kelas XI SMA Tarakanita Magelang masih
memiliki kesulitan khususnya dalam menulis. Hal ini dibukikan dengan skor rata-rata
tes menulis adalah 62.10, kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 75.
Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti siswa kesulitan untuk mengungkapkan ide-ide
mereka dan guru bahasa inggris kekurangan media mengajar.
Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba menggunakan metode
Crawford Slip dalam mengajar menulis. Tujuan dari penelitihan ini adalah untuk
mengetahui ada atau tidaknya penggunaan metode Crawford Slip mampu meningkatkan
motivasi siswa dalam belajar menulis teks analisis eksposisi dan untuk mengetahui
seberapa besar peningkatan kemampuan menulis teks analisis eksposisi siswa kelas XI
SMA Tarakanita Magelang pada tahun ajaran 2014/2015 dengan menggunakan metode
Crawford Slip.
Penelitihan ini termasuk dalam Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) dan subyek
dari penelitihan ini adalah siswa kelas XI SMA Tarakanita Magelang. Dalam penelitihan
ini, penulis menggunakan tes dan non-tes sebagai teknik mengumpulkan data. Untuk nontes,
penulis menggunakan observasi dan kuesioner. Untuk tes menulis, penulis
menggunakan dua siklus dimana setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu: perencanaan,
pengamatan, pelaksanaan dan refleksi. Setelah mengumpulkan data, penulis menganalisis
seluruh data. Penulis menggunakan data fowler formula dan descriptive analysis untuk
menganalisis hasil data.
Hasil dari observasi dan kuesioner menunjukan bahwa adanya peningkatan
motivasi siswa setelah menggunakan metode Crawford Slip. Motivasi siswa dalam
belajar mengajar meningkat. Peningkatan juga terjadi dalam tes menulis. Nilai rata-rata
siswa meningkat. Dalam Pra-Siklus, nilai rata-ratanya adalah 62.10 lalu, di Siklus I nilai
rata-ratanya adalah 67.70, sedangkan di Siklus II nilai rata-ratanya adalah 78.26. Jadi,
total peningkatan nilai siswa adalah 15.16. Ini berarti nilai rata-rata kelas di Siklus II telah
memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal keterampilan menulis bahasa Inggris.
Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa menggunakan metode
Crawford Slip mampu meningkatkan motivasi siswa dalam menulis teks analisis
eksposisi siswa kelas XI SMA Tarakanita Magelang dan sangat meningkatkan
keterampilan siswa menulis teks analisis ekposisi. Penulis menyarankan guru bahasa
Inggris untuk menggunakan metode Crawford Slip untuk mengajar siswa, khususnya
dalam menulis teks analisis ekposisi..
Kata kunci: Crawford Slip Method, Fowler’s formula dan descriptive analysis,
analytical exposition
75-UN57.4.1.1.2-2016 | INGGRIS EVA U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain