Text
PELUKISAN TOKOH ANTAGONIS DAN PROTAGONIS DALAM NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK KARYA HAMKA DAN SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA
ABSTRAK:
Nur Fitri Saptaningrum. 1210301019. Skripsi 2016. Pelukisan Tokoh Antagonis dan Protagonis dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan Sebagai Bahan Ajar di SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman penulis pada saat kegiatan PPL di SMAN 4 Magelang tentang adanya masalah pada siswa di SMA yang masih kesulitan dalam memahami penokohan novel khususnya menentukan pelukisan tokoh antagonis dan protagonis dikarenakan hanya sedikit teknik pelukisan yang dipelajari. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Apa sajakah jenis pelukisan tokoh antagonis dalam novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Hamka? (2) Apa sajakah jenis pelukisan tokoh protagonis dalam novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Hamka? (3) Bagaimana model bahan ajar pelukisan tokoh antagonis dan protagonis dalam novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Hamka di SMA? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendapatkan deskripsi jenis pelukisan tokoh antagonis Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Hamka. (2) Mendapatkan deskripsi jenis pelukisan tokoh protagonis Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Hamka. (3) Menghasilkan bahan ajar jenis pelukisan tokoh antagonis dan protagonis dalam novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Hamka di SMA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori pengertian novel (Wiyanto dan Sumardjo),teori struktur novel (Nurgiyantoro), teori hakikat penokohan (Nurgiyantoro dan KBBI), teori pembedaan tokoh (Nurgiyantoro dan KBBI), teori teknik pelukisan tokoh (Nurgiyantoro, Sayuti dan Minderop), dan teori bahan ajar sastra (Daryanto dan Majid). Sedangkan metode dan teknik penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode simak dan teknik catat. Metode analisis data penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dan teknik analisis data menggunakan analisis teks. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pelukisan tokoh antagonis dan protagonis dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck menggunakan teknik ekspositori dan teknik dramatik. Berdasarkan hasil penelitian pelukisan tokoh antagonis dan protagonis dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dapat dijadikan sebagai bahan ajar di SMA tentang penokohan dalam novel, pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), kelas XI semester gasal. Kompetensi Dasar yang digunakan yaitu KD 7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan dan Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII pada Kompetensi Dasar 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks novel baik melalui lisan maupun tulisan. Kata Kunci: pelukisan tokoh antagonis dan protagonis, novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, bahan ajar di SMA
76-UN57.4.1- 2016 | INDONESIA SAP P 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain