Text
USING VISUAL ART MEDIA TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING SKILL OF THE EIGHTH GRADERS OF SMP N 2 CANDIMULYO IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Keterampilan membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dikembangkan oleh siswa SMP. Namun siswa kelas delapan SMPN 2 Candimulyo masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan membaca, terutama membaca teks-teks narrative. Hal ini dapat dibuktikan dengan skor rata-rata tes kerampilan membaca dari 32 siswa hanya 65. Skor ini tidak mencapai kriteria prestasi minimal, 75. Ada beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kondisi tersebut, salah satu faktor internal motivasi siswa yang rendah dalam meningkatkan keterampilan membaca dan faktor eksternal adalah lingkungan mereka yang tidak mendukung kemajuan belajar mereka. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan media Visual Art. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini, pertama untuk mengetahui apakah media Visual Art dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam membaca teks narrative. Kedua untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan membaca teks narrative siswa. Tipe dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dibagi dalam Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas delapan SMPN 2 Candimulyo. Penulis menggunakan teknik non tes (observasi, kuesioner dan dokumentasi) dan tes untuk mengumpulkan data. Data tersebut dianalisis menggunakan Fowler’s formula dan descriptive analysis. Berdasarkan hasil pengamatan penulis, terlihat bahwa sebagian besar siswa memiliki perubahan perilaku, ada peningkatan dalam motivasi belajar mereka. Pada Pra-siklus, motivasi siswa sangat rendah. Pada siklus I, motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran menjadi lebih baik dari pada pertemuan sebelumnya. Sementara pada Siklus II, mereka termotivasi dan tertarik menggunakan media Visual Art yang ternyata mempermudah mereka untuk memahami teks narrative. Nilai rata-rata siswa pada Pra-siklus adalah 63,12, pada Siklus I mencapai 70.62. Peningkatan nilai rata-rata dari Pra-Siklus ke Siklus I adalah 7.5. Pada Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82.18. Peningkatan nilai rata-rata Siklus I ke Siklus II adalah 11.56. Jumlah peningkatan dari Pra-Siklus ke Siklus II adalah
19.06. Berdasarkan hasil analisis di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa media Visual Art dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Terdapat juga peningkatan yang besar pada keterampilan membaca teks narrative kelas delapan SMPN 2 Candimulyo.
77-UN57.4.1.2-2016 | INGGRIS DIA U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain