Text
USING FACEBOOK NOTES MEDIA TO IMPROVE THE RECOUNT TEXT WRITING SKILL OF THE EIGHTH GRADERS OF MTS NEGERI BOROBUDUR IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa siswa yang harus dipelajari oleh siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris. Keterampilan menulis siswa MTs Negeri Borobudur kurang memuaskan. Nilai rata-rata keterampilan menulis mereka hanya 60, lebih rendah dari nilai standar yaitu 75. Kondisi ini disebabkan oleh rendahnya motivasi dan keterampilan menulis siswa. Ada dua tujuan dari penelitian ini, yang pertama, untuk mengetahui apakah penggunaan media Facebook Notes dapat meningkatkan motivasi siswa dalam memepelajari keterampilan menulis teks recount, dan yang kedua, untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks recount oleh siswa kelas delapan MTs Negeri Borobudur tahun ajaran 2014/2015 dengan menggunakan media Facebook Notes. Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah 32 siswa kelas delapan G MTs Negeri Borobudur. Penulis menggunakan non-tes dan tes untuk pengumpulan data. Untuk non-tes, penulis menggunakan observasi, kuisioner dan dokumentasi. Untuk tes, penulis mengadakan tes menulis teks recount. Berdasarkan analisis data, ada perubahan motivasi belajar siswa setelah guru menggunakan media Facebook Notes di dalam kelas. Dalam pre-tes beberapa siswa merasa malas untuk menulis dan hadir dalam kelas menulis, mereka mulai tertarik untuk menulis pada siklus I. Mereka mulai tertarik dengan media ini pada siklus II. Mereka juga tertarik untuk menulis dan menulis teks recount. Dalam pre-tes, nilai rata-rata menulis siswa adalah 62,03 atau kategori sedang. Setelah siklus I, nilai rata-rata menulis siswa adalah 70,15 atau kategori baik. Dalam siklus II, nilai rata-rata menulis siswa adalah 81,72 atau kategori baik. Berdasarkan hasil diatas, penulis menyarankan kepada guru bahasa inggris untuk menggunakan media Facebook Notes sebagai salah satu media pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Dan penulis juga menyarankan keapada siswa untuk lebih aktif dan berparisipasi dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci:Facebook Notes, Keterampilan Menulis, teks Recount
80 - UN57 .4.1.1-201 | INGGRIS SET U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain