Text
USING LINK TECHNIQUE TO INCREASE THE DESCRIPTIVE TEXT READING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH BOROBUDUR IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Membaca adalah keterampilan reseptif yang banyyak digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam tes semester atau ujian akhir SMA. Hasil tes reading di SMA Muhammadiyah Borobudur berada di bawah standar minimum 75. Nilai rata-rata pada semester pertama hanya 65 yang sebagian besar pertanyaannya adalah dalam bentuk reading. Hal ini dibuktikan juga dengan hasil tes reading ketika penulis melakukan praktik mengajar di sana. Mereka hanya dapat mendapatkan nilai rata-rata 67,30 dan masih jauh dari syarat standar minimum. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Ada dua tujuan penting dalam penelitian ini: pertama, untuk mengetahui apakah teknik LINK dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Borobudur pada tahun ajaran 2014/2015. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan membaca siswa kelas X SMA Muhammadiyah Borobudur yang diajar dengan menggunakan teknik LINK pada tahun ajaran 2014/2015. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa dari kelas X C SMA Muhammadiyah Borobudur. Penulis menggunakan Tes dan Non-tes instrumen untuk mengumpulkan data. Penulis membuat 3 tes yaitu pra-siklus, siklus I dan siklus II. Penulis juga menggunakan beberapa instrumen non-tes: pengamatan, angket, dan foto dokumentasi. Kemudian penulis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasilnya menggembirakan. Mereka dapat meningkatkan kemampuan membaca mereka sendiri. Pada pertama kalinya dalam pra-siklus, siswa hanya bisa mencapai 67,30 tetapi ini meningkat pada siklus I setelah penulis menggunakan teknik LINK dalam proses belajar mengajar. Nilai rata-rata mereka adalah 69,25. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 81,85. Ada juga perubahan motivasi siswa. Para siswa lebih tertarik ketika penulis menggunakan teknik ini. Para siswa sangat antusias dalam mencari informasi dari teks. Penulis meminta mereka untuk membuat pertanyaan dari teks yang mereka dapatkan kemudian penulis memilih pertanyaan terbaik untuk ujian pada setiap siklus. Para siswa mencoba untuk
menganalisis teks dalam kelompok. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa teknik LINK adalah salah satu
teknik mengajar yang direkomendasikan untuk diterapkan di sekolah menengah atas terutama di kelas membaca deskriptif. Semakin banyak guru dapat meningkatkan proses belajar mengajar, semakin banyak siswa akan meningkatkan keterampilan membaca mereka dan akhirnya nilai mereka akan lebih tinggi dan lebih memuaskan. Penulis menyarankan guru bahasa Inggris untuk menggunakan teknik LINK sebagai salah satu teknik dalam mengajar membaca. Kata Kunci : Motivasi, Kemampuan Membaca, Teknik Link.
81 -UN57 .4.1.1-2016 | INGGRIS WIB U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain