Text
UNSUR LATAR DALAM KUMPULAN CERPEN KOINOBORI KARYA HERLINO SOLEMAN DAN SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA
ABSTRAK:
Ummu Zulaikha : 1210301018, Skripsi 2016, Unsur Latar dalam Kumpulan Cerpen Koinobori Karya Herlino Soleman dan Sebagai Bahan Ajar di SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pembelajaran sastra dalam menganalisis unsur intrinsik khususnya latar pada cerpen, permasalahannya yaitu siswa kurang memahami secara mendetail tentang unsur latar khususnya pada latar sosial. Peneliti memilih kumpulan cerpen Koinobori karya Herlino Soleman karena karya-karyanya sudah masuk ke dalam beberapa koran nasional. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah (1) unsur latar apasajakah yang terdapat dalam kumpulan cerpen Koinobori karya Herlino Soleman? (2) bagaimana model bahan ajar unsur latar dengan menggunakan kumpulan cerpen Koinobori karya Herlino Soleman. Tujuanpenelitianiniadalah (1) memperolehdeskripsi unsur latar dalam kumpulan cerpen Koinobori karya Herlino Soleman, (2) menghasilkan bahan ajar sastra dengan memanfaatkan kumpulan cerpen Koinobori karya Herlino Soleman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori cerpen(wiyanto), teori latar (Nurgiyantoro dan Aminudin),teori unsur latar yang terdiridariteorilatartempat(Nurgiyantoro, Baribin, dan Aminudin), teorilatarwaktu(Nurgiyantoro, Baribin, dan Pujiharto), teorilatarsosial(Nurgiyantoro, KBBI, dan Pujiharto), dan teori bahan ajar sastra di SMA(Daryanto dan Majid). Sumber data yang digunakan adalahkumpulan cerpen Koinobori Karya Herlino Soleman. Data penelitianini berupa teks yang berisi kalimat-kalimat yang mengandungunsurelatar. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak, dan teknik yang digunakan adalah teknik catat. Metode dan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis dan teknik analisis teks. Hasil penelitian unsur latar dalam kumpulan cerpen Koinobori karya Herlino Soleman terdapat tiga unsur latar. Ketigaunsurtersebutmeliputi(1) latar tempat, (2) latar waktu, (3) latar sosial. Latartempatterdiridaribeberapatempat di negaraJepangdannegara Indonesia, latarwaktumeliputiwaktulampau, kin, akan, serta waktusejarahdanlatarsosialterdiridarikebiasaanhidup, tradisi, adatistiadat, kepercayaan, status sosialdancarabersikapmasyarakatJepang. Hasilpenelitianinidijadikansebagaibahan ajar sastrakhususnyalatar yang bisa digunakan untuk siswa SMA sesuai dengan Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP), KD 7.2 menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari danKurikulum 2013, KD 3.3 menganalisis teks cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan. Kata kunci : Unsur Latar, Kumpulan Cerpen Koinobori, dan Bahan ajar sastra di SMA.
83-UN57.4.1- 2016 | INDONESIA ZUL U 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain