Text
PENGGUNAAN MEDIA LIRIK LAGU DALAM VIDEO KLIP PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KEPADA SISWA KELAS X SMA ISLAM SUDIRMAN KALIANGKRIK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
ABSTRAK:
Heri Sutopo, 1210301046, skripsi 2016. Penggunaan Lirik Lagu dalam Media Video Klip pada Pembelajaran Menulis Cerpen kepada Siswa Kelas X SMAIslam Sudirman Kaliangkrik Tahun Pelajaran 2015/2016, Pendidikn Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terdapat dalam pembelajaran menulis cerpen, yaitu siswa kesulitan dalam menemukan ide atau gagasan ke dalam tulisan dan juga media yang kurang bervariasi sehingga minat siswa dalam menulis cerpen menjadi rendah. Penelitian ini dibatasi pada pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media lirik lagu dalam video klip pada siswa kelas X SMA Islam Sudirman Kaliangkrik. Rumusan masalah penelitian ini (1) apakah media lirik lagu dalam video klip efektif digunakan dalam pembelajaran kelas X SMA Islam Sudirman Kaliangkrik (2) berpa tingkat keefektifan pembelajaran menulis cerpen menggunakan media lirik lagu dalam video klip. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan daya tarik siswa kelas X SMA Islam Sudirman Kaliangkrik dalam pembelajaran menulis cerpen, (2) Mengetauhi keefektifan media video klip dan lirik lagu dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Islam Sudirman Kaliangkrik.. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengertian menulis, cerpen, unsur pembangun cerpen, media video klip dan menulis cerpen menggunakan media lirik lagu. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata hasil pre-test dan pos-test terdapat kenaikan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata kemampuan siswa kelompok eksperimen pada pre-test dari yang semula 57,7 menjadi 74,51 pada postest sehingga terjadi peningkatan sebesar 16,81. Adapun peningkatan rata-rata kemampuan siswa kelompok kontrol pada pre-test dari yang semula 55 menjadi 64 pada pos-test sehingga terjadi peningkatan sebesar 9. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kelompok eksperimen dengan kemampuan kelompok kontrol. Media pembelajaran berupa video klip dan lirik lagu efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran menulis cerpen, tingkat perbedaan keefektifan di hitung dari hasil rata-rata nilai menunjukan perbedaan sebesar 16,3% lebih efektif Kata Kunci: Media,video klip, lirik lagu, menulis cerpen
89-UN57.4.1- 2016 | INDONESIA SUT P 2016 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain