Text
USING EVERYONE IS A TEACHER HERE TECHNICQUE TO IMPROVE THE DESCRIPTIVE TEXT WRITTING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA WIDYA WACANA SECANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
Abstrak:
Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam belajar bahasa Inggris. Namun, keterampilan menulis yang dimiliki peserta didik, khususnya peserta didik kelas X SMA Widya Wacana Secang tidak memuaskan. Rata-rata nilai keterampilan menulis peserta didik adalah 62,16, kurang dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Salah satu masalah adalah peserta didik merasa takut membuat kesalahan ketika mereka mengerjakan tugas menulis. Mereka juga tidak memahami schematic structure dan linguistic features sebuah teks. Berdasarkan uraian tersebut penulis mencoba menggunakan teknik Everyone is a Teacher Here. Teknik tersebut digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas X SMA Widya Wacana Secang di tahun pelajaran 2014/2015. Ada dua tujuan dari penelitian ini. Pertama, mengetahui apakah penggunaan teknik Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar dalam menulis teks deskripsi peserta didik kelas X SMA Widya Wacana Secang pada tahun ajaran 2014/2015 atau tidak. Kedua, mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis peserta didik. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Widya Wacana Secang dengan jumlah 25 orang. Peserta didik kelas X SMA Widya Wacana Secang mengalami peningkatan penguasaan keterampilan menulis teks deskripsi, hal ini ditunjukan dari nilai rata-rata Siklus I adalah 65,16, peningkatan skor Pra-Siklus ke Siklus I adalah 3,00. Dalam Siklus II, nilai rata-rata adalah 72,48, peningkatan skor dari Siklus I ke Siklus II adalah 7.32. Peningkatan dari skor Pra-Siklus ke Siklus II adalah 10,32. Dari observasi dan kuesioner, dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan secara signifikan terhadap motivasi peserta didik dalam menulis setelah penggunaan teknik Everyone is a Teacher Here. Dalam Siklus I terdapat peningkatan motivasi belajar siswa, tetapi beberapa siswa tidak menunjukkan antusiasme selama proses pembelajaran. Sementara di Siklus II, mereka memiliki perhatian yang lebih baik dan lebih aktif untuk mengikuti pelajaran. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyimpulkan bahwa teknik Everyone is a Teacher Here adalah salah satu teknik pengajaran yang baik, yang dapat diterapkan di SMA terutama di kelas menulis teks deskripsi. Hal ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris dapat menggunakan teknik Everyone is a Teacher Here dalam pengajaran menulis sebagai teknik pengajaran alternatif. Kata kunci : Teknik Everyone is a Teacher Here, Kemampuan Menulis, Teks Deskripsi.
94 -UN57.4.1-2016 | INGGRIS DEO U 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain