Text
STRUKTUR KALIMAT IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN PENGAJARANNYA DI SMA
ABSTRAK:
Fitri Hartini. 1010301005. Skripsi 2015. Struktur Kalimat Iklan Layanan Masyarakat dan Pebelajarannya di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar Iklan adalah sebuah wacana yang berisi pesan untuk mendorong masyarakat agar tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan. Dikatakan mendorong karena iklan merupakan wacana persuasif. Meskipun persuasif, wacana iklan juga ada yang bersifat mendidik dan memberikan informasi. Iklan tersebut menurut jenisnya disebut iklan layanan masyarakat. Berbicara mengenai wacana iklan layanan masyarakat yang isinya berupa ajakan dan nasihat, tentunya diperlukan bahasa yang tepat. Maksudnya, bahasa itu menarik, jelas, dan pesan yang dimaksud dapat diterima masyarakat. Wacana iklan biasanya hanya terdiri dari satu kalimat, sedangkan kalimat yang digunakan singkat dan padat. Sementara kalimat baku minimal strukturnya harus terdiri dari subjek dan predikat. Oleh sebab itu, struktur kalimat menjadi tinjauan yang menarik dalam menganalisis teks iklan. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; (1) pola sintaktis apa sajakah yang terdapat dalam iklan layanan masyarakat, dan (2) bagaimanakah implementasi pengajarannya di SMA. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola sintaktis yang ada di dalam iklan layanan masyarakat dan mendeskripsikan rancang bangun pembelajarannya di SMA. Penelitian ini mengacu pada teori bahasa yaitu (1) pengertian kalimat, (2) fungsi sintaktis, (3) iklan layanan masyarakat, dan (4) pembelajaran bahasa. Objek kajian dalam penelitian ini adalah struktur kalimat pada iklan layanan masyarakat. Sumber data penelitian ini diperoleh dari internet. Wujud data dalam penelitian ini berupa kalimat, sedangkan pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode dan teknik analisis data menggunakan metode distribusional dan menggunakan teknik perluasan atau ekspansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 data yang diperoleh, ditemukan 3 kelompok struktur kalimat. Kelompok yang pertama yaitu kalimat iklan dengan pelesapan fungsi sintaktis subjek, kelompok kedua yaitu kalimat iklan dengan fungsi sintaktis subjek, dan terakhir kalimat iklan yang hanya terdiri dari satu unsur fungsi sintaktis, yaitu unsur predikat saja. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pola fungsi sintaktis pada iklan layanan masyarakat sebagian besar melesapkan unsur subjek. Hal ini dikarenakan kalimat iklan biasanya singkat dan dan padat. Akan tetapi meskipun melesapkan unsur yang penting di dalam kalimat, pesan dalam iklan tetap dapat dipahami masyarakat. Struktur kalimat dapat diimplementasikan di SMA dengan menggunakan pendekatan scientific approach. pendekatan scientific approach meliputi beberapa tahap, yaitu (1) mengamati, (2) menanya, (3) menalar, (4) mencoba, dan (5) menyajikan. Hasil analisis penelitian mengenai struktur kalimat iklan layanan masyarakat dapat disimpulkan bahwa pola fungsi sintaktis pada iklan layanan masyarakat yang biasa digunakan sebagian besar melesapkan unsur subjek. Hal inidikarenakan kalimat iklan biasanya singkat dan padat. Meskipun melesapkan unsur yang penting di dalam kalimat, pesan dalam iklan tetap dapat dipahami masyarakat. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tersebut, penelitian selanjutnya dapat dikembangkan lagi dari sudut pandang yang lain misalnya, dari sudut pandang konteks sosial, gaya bahasa, strategi retosris pada iklan layanan masyarakat. Selain itu penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada siswa agar siswa mampu menganalisis iklan layanan masyarakat ditinjau dari struktur kalimatnya. Dengan adanya penelitian ini siswa dapat mengerti lebih mendalam mengenai struktur kalimat dalam teks iklan layanan masyarakat.
Kata kunci: iklan, struktur kalimat, fungsi sintaktis.
9-UN57.4.1.2.2.2.-20 | INDONESIA HAR S 2015 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain