Text
SKRIPSI USING WHIP AROUND TECHNIQUE TO IMPROVE THE HORTATORY EXPOSITION TEXT WRITING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA ISLAM SECANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Dalam mempelajari Bahasa Inggris, siswa harus menguasai empat keterampilan bahasa. Berdasarkan kurikulum KTSP 2006, Bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran yang harus dipelajari, jadi siswa diharapkan mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris melalui 4 keterampilan dasar. Yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Satu keterampilan yang membutuhkan keseriusan lebih adalah keterampilan menulis. Nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Inggris siswa SMA Islam Secang masih belum memuaskan, yaitu di bawah 65. Hal itu masih jauh di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum) KKM yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi siswa dalam keterampilan menulis bahasa inggris pada siswa kelas sebelas SMA Islam Secang yang diajarkan dengan menggunakan teknik Whip Around di tahun ajaran 2014/2015. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat peningkatan kemampuan menulis teks hortatori exposisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMA Islam Secang tahun ajaran 2014/2015. Di kelas ini terdapat 18 siswa. Untuk mengetahui tingginya peningkatan sikap siswa pada proses belajar mengajar, penulis menggunakan teknik non-tes, yaitu observasi dan kuesioner. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa, penulis menggunakan teknik tes. Data dianalisa menggunakan Fowler’s Formula dan Descriptive Analysis. Terdapat perubahan sikap siswa pada pembelajaran menulis menggunakan teknik Whip Around. Hal itu dapat dilihat dari hasil observasi dan kuesioner penulis. Pada siklus I, siswa masih menunjukkan kurangnya motivasi. Sedangkan pada siklus II, perhatian mereka meningkat tinggi, mereka lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran dan mereka terlihat tertarik pada teknik Whip Around. Selain itu, terdapat peningkatan dalam penguasaan keterampilan menulis pada pra- iklus, nilai rata-rata siswa adalah 60.67, setelah mereka diajarkan menggunakan teknik Whip Around pada siklus I, nilai rata-rata siswa menjadi 70.76. kemudian, pada siklus II, nilai rata-rata menjadi 81.28. Berdasarkan analisa data, penulis menyimpulkan bahwa ada peningkatan tinggi pada motivasi siswa dan kemampuan menulis siswa setelah mereka diajarkan menggunakan teknik Whip Around. Teknik ini merupakan teknik yang tepat karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk menulis teks hortatori eksposisi. Kata Kunci: teknik Whip Around, Keterampilan menulis.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain