Text
SKRIPSI USING ACADEMIC CONTROVERSY TECHNIQUE TO IMPROVE THE HORTATORY EXPOSITION TEXT WRITING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA N 4 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2015/2016
ABSTRAK:
Ada empat keterampilan berbahasa yang harus dikembangkan oleh para siswa. Keterampilan-keterampilan tersebut adalah keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Semua keterampilan tersebut sangat penting dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Di antara empat keterampilan tersebut, menulis merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikembangkan, karena menulis dapat memperluas pola pikir kritis para siswa. Berdasarkan pengamatan penulis kelas sebelas SMA N 4 Magelang masih kesulitan dalam menulis. Rata-rata nilai mereka dalam menulis hanya 66, dan masih dibawah nilai standar yaitu 77. Mereka masih menemui kesulitan dalam mengekspresikan ide, menyusun ide, memilih kosa kata yang tepat dalam menulis, dan mereka tidak memiliki motivasi yang tinggi dalam mengembangkan keterampilan menulis. Ada dua tujuan dalam penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui apakah Academic Conteroversy Technique dapat meningkatkan motivasi belajar teks hortatory eksposisi. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar Academic Controversy Technique dalam meningkatkan keterampilan menulis teks hortatori eksposisi teks para siswa kelas sebelas SMA N 4 Magelang. Penulis melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dibagi menjadi pra siklus, siklus I dan siklus II. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik non tes (observasi, kuisioner, dan dokumentasi) dan tes. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan formula Fowler dan analisis deskripsi. Penulis memilih kelas sebelas SMA N 4 Magelang sebagai subyek penelitian dengan jumlah siswa 27 anak. Berdasarkan kuesioner dan observasi penulis menemukan bahwa banyak siswa yang mengalami perubahan sikap, meningkatnya motivasi belajar mereka. Pada Pra-siklus, mereka memiliki motivasi yang rendah dalam kegiatan menulis. Pada siklus I, motivasi
belajar mereka masih rendah dalam proses pembelajaran. Sementara di siklus II, mereka memiliki motivasi yang tinggi dan tertarik dengan teknik Academic Controversy yang membuat mereka menjadi lebih mudah untuk menemukan ide dalam menulis. Pada pra-tes rata-rata nilai mereka hanya 56.77. Rata-rata nilai tes siklus I mencapai 67.09. Peningkatan dari pra-siklus ke siklus I sebesar 10.32 poin. Nilai rata-rata pada siklus II 77.22. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10.13 poin. Jumlah peningkatan secara keseluruhan dari pra-siklus sampai siklus II sebesar 20.45 poin. Penulis menyimpulkan bahwa teknik Academic Controversy dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam keterampilan menulis teks hortatori eksposisi dan terdapat peningkatan yang tinggi pada keterampilan menulis teks hortatori eksposisi siswa kelas sebelas SMA N 4 Magelang tahun ajaran 2015/2016 Kata kunci:Keterampilan menulis, Teknik Academic Controversy, Teks Hortatori Eksposisi
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain