Text
SKRIPSI TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM IKLAN RADIO SERTA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI SMA
ABSTRAK:
Muhammad Miftahudin, 1110301024, (skripsi 2016) Tindak Tutur Perlokusi dalam Iklan Radio Serta Implementasi Pembelajaran di SMA Penelitian ini berlatar belakang pada pembelajaran iklan dengan kompetensi dasar 3.4 Mengidentifikasi karakteristik teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran tersebut terdapat pada kurikulum 2013 unuk kelas xii semester genap. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apa sajakah efek tindak tutur perlokusi yang terdapat dari iklan radio, (2) Bagaimana implementasi pembelajaran tindak tutur perlokusi dalam iklan radio di SMA. Dari rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan (1) Mendiskripsikan efek tindak tutur perlokusi dari iklan radio, (2) Membuat rancang bangun pembelajaran tindak tutur perlokusi dalam iklan radio. Data penelitian diperoleh dari tuturan iklan radio yang berupa klausa atau kalimat yang mengandung tindak tutur perlokusi. Penelitian ini menggunakan beberapa teori sebagai berikut (1) pragmatig, (2) tindak tutur, (3) iklan, (4) situasi tutur, dan (5) konteks. Sumber data penelitian ini diperoleh dari transkrip rekaman iklan radio yang sering diputar stasiun radio populer di Kota Magelang (Polaris FM, Untidar Radio, GKL FM, RADAR FM, Musvia FM, POP FM) Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak kemudian dilanjutkan dengan metode catat. Analisis data menggunakan metode padan dengan daya pilah pragmatis. Penelitian ini disusun untuk dijadikan rancang bangun pembelajaran di SMA. Kelas xii semester genap, kurikulum 2013. Kompetensi dasar, 3.4 Mengidentifikasi karakteristik teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan. Berdasarkan hasil penelitian dari 13 transkrip rekaman iklan radio yang telah dianalisis ditemukan 17 data mengenai tindak tutur perlokusi yang terdiri dari 9 data merujuk pada efek perlokusi mencoba, 5 data merujuk pada efek perlokusi membeli, 1 data merujuk pada efek perlokusi mengganti, 1 data merujuk pada efek prlokusi menjaga, dan 1 data merujuk pada efek perlokusi menghemat. Penelitian ini dijadikan rancang bangun pembelajaran tingkat SMA, objek penelitian ini sesuai dengan materi pembelajaran di SMA berdasarkan Kurikulum 2013. Kata kunci : tindak tutur perlokusi, ketegori kalimat, iklan radio
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain