Text
SKRIPSI PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MEDIA BERITA DARI SURAT KABAR PADA SISWA KELAS X-1 SMA N 1 PRINGSURAT TEMANGGUNG
ABSTRAK:
ARIFNURDIYANTO(2015):Peningkatan keterampilan menulis Paragraf argumentasi dengan media berita dari surat kabar pada
siswa kelas X-1 SMA N 1 Pringsurat Temanggung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pembelajaran menulis paragraf argumentasi SMA N 1 Pringsurat yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu masih dibawah nilai 70, sedangkan KKM yang ditentukan yaitu 70.Dari 30 siswa hanya terdapat 10 siswa yang mencapai KKM. Hal itu disebabkan cara pembelajaran guru yang masih menggunakan metode ceramah dan mencatat yang membuat siswa menjadi jenuh dalam mengikuti pembelajaran. siswa menjadi kurang bermina tmengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah media berita dari surat kabar dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswakelas X-1 SMA N 1 Pringsurat? 2) Apakah media berita dari surat kabar dapat membangkitkan minat dalam menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X-1 SMA N 1 Pringsurat?.Tujuan penelitian ini yaitu :meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X-1 SMA N 1 Pringsurat Temanggung dengan media berita dari surat kabar. Serta menumbuhkan minat menulis dengan media berita dari surat kabar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan januari 2014 sampai dengan april 2014.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA N 1 pringsurat Temanggung.Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penggunaan media berita dari surat kabar dapat meningkatkan minat siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Dapat dilihat dari hasil angket siswa siklus I sebesar hampir 50%, sedangkan angket akhir mencapai 91%. Penggunaan media berita dari surat kabar dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X-1 SMA N 1 Pringsurat Temanggung. Pada pembelajaran I siklus I, jumlah nilai yang diperoleh keseluruhan siswa mencapai 1660 dengan rata-rata nilai 55,3. Pada pertemuan II siklus I, jumlah nilai yang diperoleh keseluruhan siswa mencapai 1796 dengan rata-rata nilai 59.Pertemuan I siklus II ,jumlah nilai keseluruhan siswa yang diperoleh mencapai 1976 dengan rata-rata nilai mencapai 65,8. Pada pertemuan II siklus II jumlah nilai keseluruhan siswa yang diperoleh mencapai 222, dengan rata-rata 73.Jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM pada pertemuan I siklus I sebanyak 2 siswa, pertemuan kedua tidak ada yang mencapai KKM.Pertemuan I siklus II sebanyak 8 siswa, pertemuan kedua siklus II meningkat menjadi 25 siswa. Hasil penelitian menunujukan bahwa media berita dari surat kabar dapat meningkatkan minat dan keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Dengan demikian, media berita dari surat kabar dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran, khususnya pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Kata kunci :Peningkatan, Paragraf Argumentasi, Beritadari Surat Kabar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain