Text
SKRIPSI USING BRAIN TEASER GAME TO IMPROVE THE RECOUNT TEXT READING SKILL OF THE EIGHTH GRADERS OF MTS MA’ARIF PUCANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Salah satu dari empat ketrampilan dalam berbahasa adalah membaca, dan Recount teks adalah salah satu dari beberapa teks yang harus dikuasai oleh para siswa. Walaupun begitu, para siswa kadang menemukan beberapa kesulitan dalam membaca recount teks. Nilai-nilai para siswa masih dibawah kriteria kelulusan minimal yaitu 70. Ini disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya adalah penggunaan media dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulis memfokuskan penelitian ini dalam menggunakan permainan “Brain Teaser” sebagai media dalam proses pembelajaran ketrampilan membaca teks recount oleh para siswa kelas delapan, MTS Ma‟arif Pucang. Sehubungan dengan penjelasan diatas, tujuan dari penelitian ini adalah. Pertama, untuk mengetahui apakah penggunaan permainan “Brain Teaser” bisa menngkatkan motivasi belajar para siswa dalam membaca teks recount. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar peningkatan dari ketrampilan membaca para siswa dalam teks recount yang diajarkan dengan menggunakan game Brain teaser oleh para siswa kelas delapan MTS Ma‟arif Pucang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas 8B MTS Ma‟arif Pucang tahun pelajaran 2014/2015. Jumlah keseluruhan siswa adalah 20. Dalam tiap siklus, penulis menggunakan pengamatan, pertanyaan, dokumentasi dan test membaca dalam mengumpulkan data. Penulis kemudian menganalisis data menggunakan data qualitative dan quantitative. Berdasarkan analisis data, motivasi belajar siswa dan ketrampilan membaca siswa meningkat pesat. Ini dibuktikan dengan pencapaian yang memuaskan dalam cycle II. Rata-rata nilai siswa di cycle II adalah 79.5. Kata kunci : Membaca, Permainan Brain Teaser, Kemampuan Membaca-Teks Recount
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain