Text
SKRIPSI USING MEL-CON WRITING STRATEGY TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT WRITING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF MAN TEGALREJO IN THE SCHOOL YEAR 2014/ 2015
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan yang harus dikembangkan oleh siswa Sekolah Menengah Atas. Siswa kelas sebelas MAN Tegalrejo masih mengalami kesulitan dalam belajar menulis, terutama menulis teks narrative. Hal ini dapat dibuktikan melalui nilai rata-rata menulis dari yaitu hanya 58. Nilai ini belum mencapai nilai KKM yaitu 75. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi ini oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk mengatasi Permasalahan tersebut dengan menggunakan MEL-Con Writing Strategy. Ada dua tujuan utama dari penelitian ini; untuk mengetahui apakah MEL-Con Writing Strategy dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar menulis teks narrative dan untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan keterampilan menulis teks narrative siswa kelas sebelas MAN Tegalrejo tahun pelajaran 2014/2015 yang diajar dengan MEL Con Writing Strategy. Penelitian tindakan kelas ini dibagi menjadi Pre-Cycle, Cyle I, dan Cycle II. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan tes dan non tes (observasi, kuesioner, dan
dokumentasi). Data tersebut dianalisa menggunakan Fowler’s formula dan descriptive analysis. Penulis memilih siswa kelas sebelas MAN Tegalrejo sebagai subyek penelitian. Ada 38 siswa, terdiri dari 22 perempuan dan 16 laki-laki. Berdasarkan hasil pengamatan penulis dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa mengalami perubahan sikap dan motivasi. Pada Pre-Cycle siswa memiliki motivasi yang rendah dalam menulis. Sedangkan pada Cycle-I, siswa memiliki motivasi dengan kategori cukup dalam proses pembelajaran. Sementara di Cycle-II, mereka termotivasi dan tertarik dengan MEL-Con Writing Strategy yang memudahkan mereka dalam membuat teks narrative. Nilai rata-rata menulis siswa pada Pre-Cycle adalah 58.68 (kategori rendah). Pada Cycle-I tes rata-rata menulis kelas adalah 66.05 (kategori sedang.
Sedangkan di Cycle-II tes rata-rata menulis siswa adalah 76.31 (kategori baik). Berdasarkan analisis di atas penulis menyimpulkan bahwa MEL-Con Writing Strategy dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas sebelas MAN Tegalrejo tahun pelajaran 2014/2015 dalam menulis teks narrative. Kata kunci: MEL-Con Writing Strategy, Teks Narrative, dan Kemampuan Menulis
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain