Text
SKRIPSI USING WRITING ROULETTE STRATEGY TO IMPROVE THE REPORT TEXT WRITING SKILL OF TWELFTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 2 KOTA MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu keterampilan dalam bahasa Inggris yang paling sulit untuk dipelajari. Hal tersebut dikarenakan menulis membutuhkan beberapa aspek seperti susunan, isi, tata dan gaya bahasa, serta kualitas dari isi tulisan tersebut. Namun bagaimana pun juga menulis sangat baik untuk siswa karena itu dapat membantu mereka mengolah ide dan berfikir secara logis. Sehingga, keterampilan menulis ini sangat penting untuk dapat dikuasai. Disamping itu, rata rata dari test keterampilan menulis dari siswa SMA Muhammadiyah 2 Magelang hanya 63, dan hal tersebut masih di bawah standar minimal kelulusan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Ada dua tujuan dalam penelitian ini. Yang pertama adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi writing roulette mampu meningkatkan keaktifan keterampilan menulis siswa pada penulisan teks report oleh siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Magelang tahun ajaran 2014/2015. Yang kedua adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks report siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Magelang tahun ajaran 2014/2015 yang diajar dengan menggunakan strategi writing roulette. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Magelang. Peneliti mengambil semua siswa kelas XII yang terdiri dari 21 siswa. Peneliti melakukan tiga siklus Pra-Siklus, siklus I dan Siklus II. Kemudian, peneliti mengumpulkan data menggunakan test di akhir setiap siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa dalam menulis teks report, sedangkan peneliti juga menggunakan non-test untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar-mengajar. Selain itu, untuk menganalisis data, peneliti menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data, peneliti menyimpulkan penggunaan strategi menulis writing roulette mampu meningkatkan keaktifan keterampilan siswa dalam
penulisan teks report siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Magelang dan peningkatan ketrampilan dalam menulis teks report adalah 12.20%.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain