Text
SKRIPSI USING ATTRIBUTE WEB TECHNIQUE TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING SKILL OF THE XI IPS 1 GRADERS OF MAN TEGALREJO IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Membaca dianggap penting bagi siswa dalam belajar bahasa Inggris arena merupakan salah satu materi wajib yang diujikan dalam ujian nasional. Siswa diharapkan belajar membaca supaya mampu memahami teks. Namun demikian, penulis menemukan bahwa siswa kelas XI IPS 1 di MAN Tegalrejo mempunyai motivasi rendah dalam belajar membaca khususnya teks naratif. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang hanya 67 dan itu belum mencapai standar nilai minimal yaitu 75. Kondisi tersebut disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Attribute Web Technique dapat meningkatkan motivasi siswa kelas XI IPS 1 di MAN Tegalrejo tahun pelajaran 2014/2015 dalam belajar membaca teks naratif atau tidak. Tujuannya juga untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan membaca teks naratif siswa kelas XI IPS 1 yang diajar menggunakan Attribute Web Technique. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah kelas XI IPS 1 di MAN Tegalrejo yang terdiri dari 36 siswa. Penulis melakukan penelitian dalam tiga siklus yaitu pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Kemudian, penulis mengumpulkan data menggunakan dua jenis tehnik yaitu tes dan non-tes. Tes dilakukan di akhir setiap siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam membaca teks naratif, sementara penulis menggunakan tehnik non-tes untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Selanjutnya, untuk menganalisis data, penulis menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari observasi dan kuisioner menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa dalam membaca teks naratif setelah penulis mengajar menggunakan Attribute Web Technique. Pada siklus I, banyak siswa memperhatikan pelajaran dan terlibat di dalam kelas. Namun, hanya ada sedikit siswa yang mampu mejawab pertanyaan guru. Pada siklus II, hampir semua siswa mampu menjawab pertanyaan guru. Skor rata-rata dalam observasi dari pra-siklus sampai siklus II adalah 51,11, 70,28, 85,33, sedangkan peningkatannya adalah34,22. Selanjutnya, peningkatan juga terjadi pada tes membaca. Pada pra-siklus, nilai rata-ratanya adalah 58,89. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 67,64, sedangkan pada siklus II adalah 77,92. Peningkatan dari pra-siklus sampai siklus II adalah 19,03. Itu berarti bahwa lebih dari 75% siswa telah mencapai standar nilai minimal yaitu 75. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan Attribute Web Technique dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa
kelas XI IPS 1 di MAN Tegalrejo tahun pelajaran 2014/2015 dalam belajar membaca teks naratif. Penulis menyarankan baik bagi guru dan siswa untuk menggunakan Attribute Web Technique sebagai tehnik alternatif dalam mengajar membaca. Kata Kunci: Attribute Web Technique, Teks Naratif, dan Kemampuan Membaca.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain