Text
SKRIPSI AN ERROR ANALYSIS OF PREDICATIVE PHRASES IN DESCRIPTIVE TEXT WRITTEN BY THE FIRST GRADERS OF SMK MA’ARIF KOTA MUNGKID IN THE SCHOOL YEAR 2014 / 2015
ABSTRAK:
Para siswa kelas satu masih kesulitan menggunakan komponen bahasa yang tepat terutama tatabahasa. Mereka juga kesulitan untuk menyusun kata menjadi frase atau frase menjadi kalimat. Bahkan, perbedaan pola kalimat bahasa Indonesia dan pola kalimat bahasa Inggris biasanya menyebabkant kesalahan berbahasa. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini. Yang pertama adalah untuk mengetahui jenis kesalahan berbahasa frase predikat dalam teks deskriptif yang ditulis oleh siswa tingkat pertama SMK Ma'arif Kota Mungkid di Tahun Sekolah 2014/2015. Yang kedua adalah untuk mengetahui penyebab kesalahan frase predikat dalam teks deskriptif yang ditulis oleh siswa tingkat pertama SMK Ma'arif Kota Mungkid di TahunSekolah 2014/2015. Jumlah keseluruhan siswa adalah 36 siswa. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan testertulis. Penulis meminta siswa untuk menulist sebuah paragraph dan hasil datanya dianalisis. Penulis
menganalisis data secara kualitatif. Berdasarkan analisis penulis, hal itu menunjukkan bahwa siswa membuat kesalahan dalam teks deskriptif mereka. Kesalahan kelalaian, kesalahan informasi, dan susunan. Frekuensi kelalaian adalah 39 kesalahan dan persentasenya 69,64%. Frekuensi kesalahan informasi sebanyak 14 dan persentasenya sebesar 25,00%, dan frekuensi kesalahan susunan adalah 3 dan persentasenya adalah 5.36%. Ada beberapa penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menulis teks deskriptif., Penulis menemukan tiga penyebab kesalahan dalam teks siswa. Ada aturan aplikasi yang tidak lengkap, ketidaktahuan pembatasan aturan, dan konsep yang salah. Frekuensi aturan aplikasi yang tidak adalah 30 kesalahan pada 53,57%. Frekuensi ketidaktahuan pembatasan aturan adalah 19 kesalahan pada 33,93% , dan frekuensi konsep yang salah adalah 7 kesalahan pada 12,50%. Penulis menyimpulkan bahwa siswa paling banyak membuat kesalahan pada jenis kesalahan kelalaian dengan persentase 69,64% dan yang paling menyebabkan kesalahan adalah aplikasi yang tidak lengkap dengan persentasenya 53,57%. Penulis menyarankan para guru untuk lebih memperhatikan masalah frase predikatif dan memberikan latihan terus menerus untuk siswa. Para siswa harus belajar bahasa Inggris lebih tekun, terutama pada materi frase predikatif. Kata kunci: Teks Deskriptif, Frase Predikat, Kesalahan Berbahasa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain