Text
SKRIPSI USING MODELED WRITING TECHNIQUE TO IMPROVE THERECOUNT TEXT WRITING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA EL SHADAI IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015
ABSTRAK:
Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan yang mengharapkan siswa dapat mengekspresikan ide dengan baik dengan bentuk yang sesuai, seperti struktur dan kosakata dalam bentuk tertulis.Nyatanya, nilai rata-rata menulis siswa kelas X SMA El Shadai di semester gasal tahun ajaran 2014/2015 belum memuaskan. Nilai siswa mencapai rata-rata 62 nilai tersebut kurang dari KKM yaitu 75. Murid-murid masih kesulitan dalam mengekspresikan ide mereka, terutama dalam bahasa inggris.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik Modeled Writing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada keterampilan menulis teks recount siswa kelas X SMA El Shadai tahun ajaran 2014/2015 and untuk mengetahui seberapa besar perkembangan keterampilan menulis teks recount siswa kelas X SMA El Shadai tahun ajaran 2013/2014 yang diajar menggunakan teknik Modeled Writing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X C SMA El Shadai tahun ajaran 2014/2015. Penulis melakukan tiga tahap pada penelitian ini; yaitu Pre-Cycle, Cycle I and Cycle II.Penulis menggunakan tes dan non test untuk mengumpulkan data. Penulis menemukan bahwa penggunaan Teknik Modeled Writing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil dari observasi dan quesener mengindikasi bahwa motivasi siswa bagus dalam mempelajari keterampilan menulis teks recount. Persentase observasi pada Pre-Cycle adalah 50,36% dan menjadi 82,21% di Cycle II. Persentasemeningkat31,85%. PenggunaanModeled Writing Technique juga membuat peningkatan pada keterampilan menulis. Pada Pre-Cycle, rata-rata nilai menulis teks recount adalah 63,41dan menjadi 71,70di Cycle I dan meningkat 8,29. Pada Cycle II rata-rata nilai menjadi 80,15 dan meningkat 8,45 dari Cycle I. Keseluruhan rata-rata nilai meningkat 16,74 dari Pre-Cycle ke Cycle II. Dari deskripsi di atas, penulis menyimpulkan bahwa Modeled Writing Technique dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA El Shadai tahun ajaran 2014/2015. Teknik ini adalah teknik yang bagus dalam pengajaran menulis untuk Sekolah Menengah Atas, terutama teks recount. Kata kunci: teks recount, keterampilan menulis, menulis, Modeled Writing, penelitian tindakan kelas.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain