Text
USING SELECTIVE UNDERLINING STRATEGY TO IMPROVE THE NARRATIVE TEXT READING SKILL OF THE TENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015 By: AFINA NUR FAUZIYYA 111.0302.043 ENGLISH DEPARTMENT
ABSTRAK
Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikembangkan oleh siswa SMA. Tetapi, siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang masih mendapat kesulitan dalam keterampilan membaca, khususnya membaca teks naratif. Hal itu dapat dibuktikan melalui hasil rata-rata nilai tes keterampilan membaca siswa hanya mencapai 63.84. Nilai tersebut tidak memenuhi KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu 75. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai tersebut. Penulis melakukan sebuah penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan strategi Selective Underlining.
Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini. Pertama untuk mengetahui apakah strategi Selective Underlining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk keterampilan membaca teks naratif. Kedua untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan siswa membaca teks naratif.
Tipe dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dibagi dalam Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Penulis menggunakan teknik non tes (observasi, kuesioner dan dokumentasi) dan tes untuk mengumpulkan data. Data tersebut dianalisis menggunakan Fowler’s formula dan descriptive analysis. Penulis meneliti kelas sepuluh di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang sebagai subjek penelitian.
Berdasarkan hasil kuesioner dan observasi penulis, menunjukkan bahwa kebanyakan siswa berubah dalam prilaku, mereka mengalami peningkatan pada motivasi belajar. Di Pra-Siklus, siswa-siswa masih mempunyai motivasi yang rendah di kelas. Sedangkan di Siklus I, motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran menjadi lebih baik dari pada pertemuan sebelumnya. Sedangkan di Siklus II, mereka termotivasi dan tertarik menggunakan strategi Selective Underlining yang dapat memudahkan mereka dalam memahami isi teks. Nilai rata-rata siswa pada Pra-Siklus adalah 63,84. Pada Siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 70,57. Peningkatan nilai rata-rata dari Pra-Siklus ke Siklus I adalah 6.73. Di Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,38. Peningkatan dari Siklus I ke Siklus II adalah 9.81. Jumlah peningkatan dari Pra-Siklus ke Siklus II adalah 16.54.
Berdasarkan hasil di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa strategi Selective Underlining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa membaca teks naratif.. Terdapat juga peningkatan yang besar pada keterampilan siswa dalam membaca teks naratif pada murid kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang tahun ajaran 2014/2015.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain