PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI USING ALPHA BOXES TECHNIQUE TO IMPROVE THE ANALYTICAL EXPOSITION TEXT READING SKILL OF THE ELEVENTH GRADERS OF SMA MUHAMMADIYAH 1 MAGELANG IN THE SCHOOL YEAR 2014/2015

RINI SEPTIYANINGSIH - Nama Orang;

ABSTRAK:
Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang penting untuk dikuasai. Di Indonesia, bahasa Inggris diajarkan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi sebagai salah satu mata pelajaran wajib. Oleh karena itu, siswa perlu dibekali dengan komunikasi bahasa Inggris yang mencakup empat keterampilan dasar bahasa. Salah satunya yaitu membaca. Dengan keterampilan membaca, siswa sekolah menengah atas diharapkan mampu memahami isi teks.Akan tetapi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Magelang kurang memiliki motivasi dalam belajar membaca dan keterampilan membaca mereka juga rendah. Rata-rata nilai siswa adalah 59.6, kurang dari nilai standar (KKM) yaitu 75. Sebagian besar dari mereka menemukan kesulitan untuk memahami teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Tekhnik
Alpha Boxes mampu meningkatkan motivasi belajar membaca teks analytical exposition pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Magelang dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan siswa dalam membaca teks analytical exposition menggunakan Teeknik Alpha Boxes. Penelitian ini dikategorikan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Magelang. Penulis mengambil kelas XI-IPS 1 yang terdiri dari 30 siswa. Penulis melakukan penelitian melalui tiga siklus, Pra-siklus, Siklus I dan Siklus II. Kemudian, penulis menggunakan hasil tes di setiap akhir siklus sebagai data untuk mengetahui peningkatan keterampilan
siswa dalam membaca teks analytical exposition, sementara penulis juga menggunakan instrumen non-tes untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dalam proses belajar pembelajaran. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan kuantitatif dan kualitatif data analisis. Hasil observasi dan kuesioner menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi siswa setelah penulis mengajar siswa menggunakan Teknik Alpha Boxes. Motivasi siswa dalam proses belajar menigkat.selain itu, mereka lebih aktip dan memiliki motivasi tinggi untuk belajar. Nilai rata-rata lembar observasi dari Pra-siklus sampai Siklus II adalah 45.33, 63.66 dan 86.66, sedangkan peningkatannya adalah 37.00 dari Pra-siklus ke Siklus II. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada tes membaca. Rata-rata dari nilai siswa meningkat. Dalam Pra-siklus, nilai rata-ratanya adalah 59.6. hasil tes pada Siklus I adalah 69.43 sedangkan pada Siklus II adalah 79.53. peningkatan dari Pra-siklus ke Siklus II adalah 19.93 dan 86.66% atau 26 dari 30 siswa mendapatkan nilai lebih dari 75 sebagai nilai standar. Berdasarkan analisis data, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan teknik Alpha Boxes dapat meningkatkan motivasi belajar membaca teks analytical exposition dari siswa kelas XI SMA Muhammadyah 1 Magelang pada tahun ajaran 2014/2015 dan peningkatan keterampilan membaca teks analytical exposition siswa yang diajar menggunakan Teknik alpha Boxes adalah 19.93. Penulis menyarankan guru bahasa Inggris untuk menerapkan teknik alpha Boxes sebagai salah satu teknik dalam pengajaran membaca. Selain itu, siswa harus lebih termotivasi dalam proses belajar mengajar, mereka juga bisa menggunakan teknik Alpha Boxes untuk membantu mereka. Kata kunci: PTK, teknik Alpha Boxes, SMA Muhammadiyah 1 Magelang.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INGGRIS SEP U 2014
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
420
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_INGGRIS
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik