Kemampuan literasi numerasi adalah kemampuan yang dikolaborasikan dengan pengetahuan matematika untuk menyelesaikan persoalan pada aktivitas sehari-hari dengan menerapkan simbol dan angka untuk mendapatkan informasi dalam bentuk tabel, grafik, dan bagan. Kemampuan literasi numerasi peserta didik di SMP Negeri 1 Candimulyo memiliki nilai rerata 42,74 dan tergolong rendah. Hal tersebut dikarenaka…
Kemampuan pemahaman konsep matematis mengambil peran penting dalam pembelajaran matematika. Namun, kemampuan pemahaman konsep matematis di SMP Negeri 8 Magelang masih berada pada kategori sangat rendah. Hal tersebut disebabkan peserta didik hanya mengutamakan metode hafalan tanpa memahami suatu materi secara bermakna. Salah satu alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah den…
Kemampuan pemecahan masalah matematis penting dalam pembelajaran matematika dikarenakan dapat membangun rasa percaya diri siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandongan masih terbilang rendah dengan menghasilkan skor rerata 20,61 dari skor maksimal 100. Model pembelajaran yang kurang melib…
Kemampuan penalaran statistis adalah salah satu bagian krusial bagi peserta didik ketika mendalami matematika, khususnya dalam materi statistika. Kemampuan penalaran statistis penting sebagai penalaran dalam proses pembelajaran matematika. Hasil tes awal pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan menunjukkan banyak peserta didik yang masih memiliki tingkat penalaran statistis yang rend…
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kevalidan media pembelajaran Counting Dice dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang disebabkan oleh pembelajaran konvensional dan kurangnya media yang menarik, interaktif, serta kontekstual. Penelitian ini m…
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile menggunakan Adobe Animate untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi segitiga di MTs Ma’arif Tembarak, serta untuk mengetahui kevalidan media yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian ter…
Kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan hal penting yang harus dikembangkan dan dimiliki oleh setiap peserta didik. Meskipun pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika, tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemecahan masalah matematika di SMP Negeri 1 Tegalrejo belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal itu disebabkan penggunaan…