ABSTRAK CITRAWATI NUR FEBY DINATA (2025): PEMAKNAAN KHALAYAK TERHADAP KETIDAKSETARAAN GENDER PADA KONTEN WEBTOON “EMPRESS CESIA WEARS SHORTS†Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar Prinisia Nurul Ikasari, Hanim Rohnulyanti Konten di media massa seringkali menggambarkan perempuan sebagai sosok yang identik dengan urusan domes…
ABSTRAK Penelitian ini mengkaji peran penata artistik dalam film dokumenter "Titi Luhur : Kisah Pengabdian Tanpa Batas," yang menyoroti perjuangan guru honorer di MI Sirojul Munir, Magelang. Fokus penelitian mencakup tahapan pra produksi, produksi, dan pasca produksi, serta penerapan konsep karya berdasarkan teori komunikasi massa dan prinsip sinematik mise en scène. Temuan menunjukkan bah…
ABSTRAK MANAJEMEN KRISIS PADA DUGAAN KORUPSI BBM PT PERTAMINA (Analisis Framing Press Release pada Website Pertamina Periode Februari – Maret 2025) Hapi Nia Diniyati, Wahyu Eka Putri, Eny Ratnasari Dugaan kasus korupsi BBM yang menimpa PT Pertamina pada Februari 2025 telah mendapat perhatian luas dari media massa dan berpotensi merusak citra perusahaan. Pertamina kemudian membuat p…
ABSTRAK (Ayusman Gani Ainun Nur Majid, 2025) Pengalaman Komunikasi Pemain Judi Bola Online Pada Kalangan Pekerja Muda Pabrik, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat dapat memunculkan fenomena baru yang terjadi, seperti fenomena penggunaan grup judi bola online. Judi bola online m…
ABSTRAK MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PENGGUNA BOT KENCAN ONLINE LEOMATCHBOT PADA APLIKASI TELEGRAM Dwi Kusuma Astuti, Eny Ratnasari, Ibda Fikrina Abda Leomatchbot merupakan platform kencan online yang berbasis bot pada aplikasi Telegram. Meskipun memberikan kemudahan dalam mencari pasangan maupun memperluas relasi, Leomatchbot menimbulkan tantangan baru terkait pengelolaan privasi penggun…
ABSTRAK STRATEGI KAMPANYE POLITIK KADER MUDA PARTAI DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 (STUDI KASUS: KEVIN MAHESA AMUWARDHANI) Gregorius Ryan Raditya, Fitria Khairum Nisa, Eny Ratnasari Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menjadi momentum penting bagi keterlibatan kader muda dalam kontestasi politik lokal yang kompetitif, termasuk di Kota Magelang, khususnya Daerah Pemilihan (Dapil) III yang dikena…
ABSTRAK STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF BALAI PEMASYARAKATAN KELAS II MAGELANG PADA PROGRAM BAPAS TEKAN KONO (BATAKO) DI KABUPATEN WONOSOBO Revaldy Jovian, Jaduk Gilang Pembayun, Prinisia Nurul Ikasari Program Bapas Tekan Kono (BATAKO) merupakan inovasi pelayanan jemput bola dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Magelang yang dirancang untuk mengatasi kendala ekonomi, geografis, dan ke…
ABSTRAK PENGARUH CONTENT MARKETING INSTAGRAM @IKATIKET_ TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MEREK IKATIKET Ananda Gadis Anggun Romadhona, Wahyu Eka Putri, Eny Ratnasari. Ikatiket merupakan local fashion brand yang berdiri sejak tahun 2017 dan aktif memasarkan produknya melalui Instagram. Dalam perjalanannya, Ikatiket mengembangkan strategi content marketing untuk menjangkau dan mempertahankan audie…
ABSTRAK ANALISIS FRAMING MEDIA ANTARANEWS.COM DALAM MEMBINGKAI PEMBERITAAN PERISTIWA PERINGATAN DARURAT PERIODE 21-25 AGUSTUS 2024 Ratu Amelia Syamsa Aulia, Fitria Khairum Nisa, R. Yogie Prawira W. Peringatan Darurat merupakan salah satu gerakan unjuk rasa yang terjadi di tahun 2024 oleh masyarakat Indonesia sebagai bentuk protes atas tindakan yang diambil oleh Badan Legislasi DPR RI dala…
ABSTRAK PENGARUH INFLUENCER RELATIONS TERHADAP BRAND IMAGE LOZY HIJAB Lizna Novia Satyabhakti, Hanim Rohnulyanti, Fitria Khairum Nisa Influencer relations bekerja dalam lingkup public relations dengan tujuan membentuk dan memengaruhi citra perusahaan melalui perantara influencer sebagai pemimpin opini. Salah satu perusahaan yang menerapkan influencer relations adalah Lozy Hijab. Lozy Hija…