Kemampuan kolaborasi dan literasi sains menjadi indikator penting di era pembelajaran saat ini. Kemampuan kolaborasi penting dalam mengasah keterlibatan dan keaktifan siswa untuk menghasilkan suatu…
Keterampilan pemecahan masalah termasuk dalam keterampilan abad 21 yang penting untuk diajarkan kepada siswa, karena masih terdapat siswa yang belum mampu menyusun atau memberi solusi terhadap suat…
Pembelajaran dalam sekolah merupakan hal yang dilakukan secara terus dan berulang oleh guru dengan siswanya. Pembelajaran akan terasa nyaman ketika siswa bersemangat dalam pembelajaran. Semangat be…
Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan penting abad ke21 yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA. Namun, kenyataan di lapangan …
Defita, Haelin Nur. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA”. Skripsi Program Studi …
Qurrota, Sabilla Safa Annisa. 2025. “Keefektifan Diferensiasi Proses pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Metakognitif Siswa SMP”. Skripsi. Program …
Penguasaan konsep IPA dan sikap peduli lingkungan peserta didik Indonesia masih rendah. Hal ini tercermin dari penurunan skor PISA 2022 dan ketidaktahuan peserta didik tentang perubahan iklim ser…
Hakim, Auzan Fildzah. (2025). Keefektifan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Menggunakan Media PhET Simulations dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Skripsi. Program Stud…
Istigfaroh, Dzikrina. 2025. “Keefektifan Model Pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect, And Apply) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidik…
Keterampilan abad 21 saat ini menjadi tantangan untuk dapat dikuasai oleh peserta didik. Salah satu pendekatan yang memungkinkan pengembangan keterampilan tersebut adalah pembelajaran STEM. Pembe…