PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY MENGGUNAKAN AKTIVITAS ARGUMENTASI ILMIAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TOPIK OPTIK DAN CAHAYA

CAMILA AZHAR RAMADHANTY - Nama Orang;

ABSTRAK
Ramadhanty, Camila Azhar. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Menggunakan Aktivitas Argumentasi Ilmiah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Topik Optik dan Cahaya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Pemahaman konsep adalah kemampuan dalam memahami makna secara ilmiah. Pemahaman konsep sangat penting bagi siswa untuk memecahkan permasalahan dengan baik dan benar serta meningkatkan pengetahuan siswa. Pentingnya pemahaman konsep sains bertolak belakang dengan kondisi yang ada. Salah satu model pembelajaran yang mampu memberikan kebermaknaan dalam memahami konsep sains yaitu guided inquiry. Akan tetapi, model ini belum mampu melatih siswa untuk mengkonstruksi konsep sains melalui kegiatan argumentasi ilmiah dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis efektivitas model pembelajaran guided inquiry menggunakan aktivitas argumentasi ilmiah dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa SMP pada topik optik dan cahaya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Temanggung. Sebagai sampel yaitu kelas VIII G sebagai kelas kontrol dan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes bentuk pilihan ganda sebanyak 14 soal yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji signifikasi terdiri dari uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney, uji N-Gain, dan uji effect size. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Wilcoxon untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol antara nilai pretets dan postest hasilnya sama yaitu 0,00 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Hasil uji Mann Whitney pada nilai pretest yaitu 0,773 > 0,05, yang artinya tidak ada perbedaan. Sedangkan pada nilai postest hasilnya 0,022 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Pada hasil uji NGain kelas eksperimen sebesar 0,70 kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol hanya 0,54 kategori sedang. Hasil uji effect size sebesar 0,52771, yang artinya memberikan pengaruh besar. Penggunaan model pembelajaran guided inquiry menggunakan aktivitas argumentasi ilmiah efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Adanya aktivitas argumentasi yang mampu memberikan pengetahuan secara utuh dan wawasan lebih luas kepada siswa.
Kata Kunci: pemahaman konsep, guided inquiry, aktivitas argumentasi ilmiah


Ketersediaan
14-UN57.U1-SI-VIII-2021IPA RAM E 2021Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA RAM E 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XV;52HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik