Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY MENGGUNAKAN AKTIVITAS ARGUMENTASI ILMIAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TOPIK OPTIK DAN CAHAYA
ABSTRAK
Ramadhanty, Camila Azhar. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Menggunakan Aktivitas Argumentasi Ilmiah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Topik Optik dan Cahaya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Pemahaman konsep adalah kemampuan dalam memahami makna secara ilmiah. Pemahaman konsep sangat penting bagi siswa untuk memecahkan permasalahan dengan baik dan benar serta meningkatkan pengetahuan siswa. Pentingnya pemahaman konsep sains bertolak belakang dengan kondisi yang ada. Salah satu model pembelajaran yang mampu memberikan kebermaknaan dalam memahami konsep sains yaitu guided inquiry. Akan tetapi, model ini belum mampu melatih siswa untuk mengkonstruksi konsep sains melalui kegiatan argumentasi ilmiah dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis efektivitas model pembelajaran guided inquiry menggunakan aktivitas argumentasi ilmiah dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa SMP pada topik optik dan cahaya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Temanggung. Sebagai sampel yaitu kelas VIII G sebagai kelas kontrol dan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes bentuk pilihan ganda sebanyak 14 soal yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji signifikasi terdiri dari uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney, uji N-Gain, dan uji effect size. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Wilcoxon untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol antara nilai pretets dan postest hasilnya sama yaitu 0,00 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Hasil uji Mann Whitney pada nilai pretest yaitu 0,773 > 0,05, yang artinya tidak ada perbedaan. Sedangkan pada nilai postest hasilnya 0,022 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Pada hasil uji NGain kelas eksperimen sebesar 0,70 kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol hanya 0,54 kategori sedang. Hasil uji effect size sebesar 0,52771, yang artinya memberikan pengaruh besar. Penggunaan model pembelajaran guided inquiry menggunakan aktivitas argumentasi ilmiah efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Adanya aktivitas argumentasi yang mampu memberikan pengetahuan secara utuh dan wawasan lebih luas kepada siswa.
Kata Kunci: pemahaman konsep, guided inquiry, aktivitas argumentasi ilmiah
14-UN57.U1-SI-VIII-2021 | IPA RAM E 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain