Text
SKRIPSI PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI DI E-COMMERCE TOKOPEDIA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tidar)
Abstrak
Perkembangan teknologi yang semakin berkembang memicu masyarakat untuk melakukan kegiatan secara online seperti halnya berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Salah satu hasil dari adanya perkembangan teknologi adalah internet yang bisa digunakan untuk berbelanja secara online. Berdasarkan fenomena diatas, maka saat ini banyak muncul e-commerce yang menjadikan persaingan bisnis dalam bidang ini menjadi ketat. Setiap e-commerce menerapkan berbagai macam strategi supaya konsumen tertarik untuk berbelanja. Faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen menjadi hal menarik untuk dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari online customer review, online customer rating, kualitas produk dan promosi penjualan terhadap minat beli pada e-commerce Tokopedia. Dalam penelitian ini penulis memilih mahasiswa Universitas Tidar untuk dijadikan sebagai objek yang akan diteliti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik purposive sampling, dengan kriteria responden sudah pernah berbelanja di e-commerce Tokopedia minimal satu kali, sehingga didapat jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 150 sampel responden. Pada penelitian ini pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk dan promosi penjualan berpengaruh terhadap minat beli pada e-commerce Tokopedia. Sedangkan online customer review dan online customer rating tidak berpengaruh terhadap minat beli di e-commerce Tokopedia.
Kata Kunci : Online Customer Review, Online Customer Rating, Kualitas Produk, Promosi Penjualan, dan Minat Beli
8-UN57.U1-SMJ-IV-2023 | MANAJEMEN HOT P 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain