Text
SKRIPSI PENGARUH BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY, HARGA, DAN INFLUENCER TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK KOSMETIK MADAME GIE
ABSTRAK
Loyalitas pelanggan penting bagi keberlangsungan suatu bisnis. Loyalitas pelanggan dapat meningkatkan laba dan mengurangi biaya pemasaran. Pelanggan yang loyal cenderung menunjukan sikap pembelian berulang dan merekomendasikan produk kepada orang lain. Adanya fenomena penarikan beberapa produk kosmetik Madame Gie oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan research gap berupa kesenjangan hasil dalam penelitian terdahulu menjadi dasar penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh brand image, product quality, harga, dan influencer terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik Madame Gie. Data yang digunakan berupa data primer yang berasal dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan produk kosmetik Madame Gie. Populasinya adalah pelanggan produk Madame Gie tahun 2022. Jumlah sampel sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling untuk menentukan wilayah sampel dan purposive sampling untuk menentukan kriteria yang dibutuhkan dalam penelitian. Uji keabsahan dan keandalan instrumen kuesioner menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisi data untuk uji hipotesis menggunakan uji regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji koefisiensi determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) brand image dan product quality berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik Madame Gie, (2) harga dan influencer tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik Madame Gie.
Kata kunci: Brand Image, Product Quality, Harga, Influencer, Loyalitas Pelanggan
17-UN57.U1-SMJ-V-2023 | MANAJEMEN LUT P 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain