Text
SKRIPSI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PENERIMAAN KLIEN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DIAN UTAMI
ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan oleh penulis secara umum bertujuan untuk mengidentifikasikan prosedur penerimaan klien yang selama ini diterapkan pada Kantor Akuntan Publik Dian Utami. Data yang diperoleh penulis melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi pada Kantor Akuntan Publik Dian Utami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengamati dan mendeskripsikan prosedur yang telah dilakukan Kantor Akuntan Publik Dian Utami. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik Dian Utami memiliki permasalahan yaitu tidak mempunyai prosedur tertulis/buku pedoman mengenai penerimaan klien. Untuk prosedur yang dilakukan saat ini hanya secara lisan, yang menjadikan suatu prosedur tidak berjalan secara efektif dan belum terstruktur dengan jelas mengakibatkan jika terdapat karyawan baru maka karyawan lama harus menjelaskan mengenai prosedur penerimaan klien. Oleh karena itu, sangat penting bagi Kantor Akuntan Publik Dian Utami untuk memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dan terdokumentasi untuk penerimaan klien, serta dapat membantu meningkatkan efisiensi, kualitas layanan, dan kepatuhan terhadap peraturan.
Kata Kunci: Standar Operasional Prosedur, Penerimaan Klien, Kantor Akuntan Publik Dian Utami
10-UN57.U1-D3AK-VII-2023 | AKUNTANSI FAR P 2023 | Ruang Skripsi (AKUNTANSI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain