Text
SKRIPSI PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN PRODUK E-WALLET GOPAY
ABSTRAK
Kemajuan teknologi dan internet memberikan perubahan terhadap perilaku konsumen terutama dalam pembayaran transaksi. Konsumen saat ini cenderung mengadopsi metode pembayaran yang lebih mudah dan cepat. Salah satu instrumen pembayaran yang populer di Indonesia adalah produk e-wallet Gopay. Gopay telah menduduki posisi teratas dengan jumlah pengguna terbanyak selama lima tahun. Konsistensi Gopay mencerminkan popularitas dan penerimaan yang luas di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan kepercayaan terhadap minat konsumen menggunakan produk e-wallet Gopay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah menggunakan produk e-wallet Gopay. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan melalui uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel persepsi manfaat dan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat konsumen menggunakan produk e-wallet Gopay. Namun, variabel persepsi kemudahan tidak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat konsumen menggunakan produk e-wallet Gopay. Sedangkan hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan, variabel persepsi manfaat, dan variabel kepercayaan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat konsumen menggunakan produk e-wallet Gopay. Implikasi dari temuan ini berpotensi memberikan wawasan yang lebih mendalam bagi konsumen dan pihak yang memerlukan informasi mengenai faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi minat konsumen. Penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi pada literatur akademis yang berkaitan dengan perilaku konsumen terkait adopsi teknologi pembayaran digital.
Kata kunci: kemudahan, manfaat, kepercayaan, minat.
72-UN57.U1-SMJ-IX-2023 | MANAJEMEN ROB P 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain