Text
SKRIPSI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DAN SOSIAL DI MARKAS PALANG MERAH INDONESIA KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Agnia Resi Pramudiyanti (2024):
Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan dan Sosial di Markas PMI Kota Magelang, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar.
Penilaian terhadap pelayanan publik ditentukan melalui pelayanan yang diberikan kepada masyarakat serta kepuasan yang didapatkan oleh Masyarakat. Pelayanan kesehatan dan sosial merupakan salah satu masalah krusial dalam kesejahteraan masyarakat. Sehingga guna mengetahui tingkat kepuasan masyarakat tersebut dilakukan survei kepuasan masyarakat menggunakan Indeks kepuasan Masyarakat (IKM). Markas PMI Kota Magelang merupakan salah satu penyedia pelayanan Kesehatan dan sosial yang menjadi objek dalam penelitian ini, sedangkan yang menjadi fokus penelitian adalah Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan dan Sosial Markas PMI Kota Magelang. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pengguna jasa pelayanan, metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei selanjutnya dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoaman umum penyusunan indeks kepuasan masyarakat yang telah ditetapkan oleh Permenpan Nomor 14 Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan dan Sosial Markas PMI Kota Magelang memperoleh nilai indeks 3,43 dan nilai indeks kepuasan masyarakat setelah dikonversi adalah 85,82 sehingga mutu pelayanan adalah “B”. Dengan diketahui nilai mutu pelayanan di Markas PMI Kota Magelang sudah mendapat hasil yang baik secara keseluruhan pada setiap unsur yang telah tercantum dalam Permenpan Nomor 14 Tahun 2017, sehingga peneliti memberikan saran adanya perbaikan dalam prosedur pelayanan, komunikasi dan sosialisasi terhadap masyarakat terkait masyarakat, dan peningkatan kompetensi petugas pelayanan agar dalam pelayanan lebih maksimal.
Kata Kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat; Pelayanan Publik; PMI
6-UN57.U1-SSP-I-2024 | ADMINISTRASINEGARA PRA I 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain