Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA smp
ABSTRAK
Mazita, Aza. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Dr Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Praktik-praktik ilmiah seharusnya diajarkan dalam pembelajaran IPA dan keterampilan berargumentasi merupakan salah satu contoh praktik ilmiah dalam pembelajaran IPA. Keterampilan berargumentasi berperan penting bagi siswa dalam proses konstruksi eksplanasi, teori, serta beberapa model kompleks dari berbagai konsep dasar. Melihat urgensi dari keterampilan dalam argumentasi nyatanya berbanding terbalik dengan fakta di lapangan. Aspek penting yang sering diabaikan saat pembelajaran dalam kelas adalah keterampilan berargumentasi. Hasil observasi di SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid menunjukkan siswa kurang terampil dalam mengkonstruksi argumentasi pribadinya. Aspek krusial lain pada proses belajar yakni hasil belajar kognitif. Hasil belajar kognitif disepakati sebagai suatu aspek fundamental penting dan harus dikuasai siswa. Oleh kerenanya, kegiatan belajar IPA haruslah berorientasi sedemikian sehingga mampu memberikan penguatan dari sisi domain kognitif secara optimal. Pentingnya hasil belajar kognitif yang dirasakan kontras dengan kondisi di lapangan. Kemampuan siswa dari domain kognitif terutama dalam kajian IPA atau Sains tergolong cukup rendah, lebih spesifik pada tingkatan C2 hingga C4. Secara khusus, riset ini berorientasi pada analisis keefektifan pembelajaran yang menerapkan model Argument Driven Inquiry dalam meningkatkan keterampilan dalam berargumentasi baik pada aspek keilmiahan maupun kelengkapan organ serta keefektifan pembelajaran yang menerapkan model Argument Driven Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar kognitif. Penelitian ini berpegangan pada pendekatan tipe kuantitatif dengan desain Quasi Experiment. Skema analisis data dilakukan melalui uji Mann Whitney, uji N-Gain, serta uji effect size. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IX SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid tahun akademik 2023/2024 kemudian dua kelas dipilih untuk menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Argument Driven Inquiry (ADI) efektif dalam meningkatkan keterampilan berargumentasi aspek keilmiahan maupun kelengkapan organ serta hasil belajar kognitif.
Kata Kunci: Argument Driven Inquiry, Keterampilan Berargumentasi, Hasil Belajar kognitif
4-UN57.U1-SI-III-2024 | IPA MAZ P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain