Text
SKRIPSI PENGARUH HARGA, E-SERVICE QUALITY, BRAND IMAGE, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP E-SATISFACTION KONSUMEN tokopedia
ABSTRAK
Tingginya angka penetrasi internet di Indonesia diiringi dengan tingginya potensi pasar online Indonesia. Hal ini menjadikan beragam platform belanja online tumbuh, berkembang, serta bersaing di Indonesia. Salah satunya adalah Tokopedia, platform e-commerce lokal Indonesia. Namun, dilihat dari data traffic dan brand index Tokopedia tahun 2023 mengalami penurunan serta kurang dapat bersaing. Indikasi penyebab permasalahan tersebut salah satunya adalah adanya penurunan tingkat kepuasan (e-satisfaction) konsumen. Oleh karena itu, penelitian mengenai e-satisfaction perlu dilakukan. Selain karena hal tersebut, masih perlunya dilakukan penelitian terkait e-satisfaction juga karena masih terdapat research gap yang perlu dikonfirmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, e-service quality, brand image, dan E-WOM terhadap e-satisfaction konsumen Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan sampel utama sebesar 190. Tools SPSS 26 digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul dari penelitian ini. Hasilnya menunjukkan harga, e-service quality, dan brand image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap e-satisfaction konsumen Tokopedia. Namun, variabel E-WOM secara statistik tidak berpengaruh signifikan terhadap esatisfaction. Oleh karena itu, penting bagi Tokopedia untuk lebih memperhatikan serta memprioritaskan strategi harga, e-service quality, dan brand image dibanding E-WOM guna mengoptimasi tingkat kepuasan konsumen. Selain itu, bagi para peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat menggali lebih dalam penyebab tidak berpengaruhnya E-WOM dan menambah variabel terkait lainnya. Dengan hal tersebut, diharapkan nantinya data/informasi hasil penelitian menjadi lebih komprehensif dan kuat.
Kata Kunci: E-Satisfaction, Determinan E-Satisfaction, E-commerce
3-UN57.U1-SMJ-III-2024 | MANAJEMEN IVA P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain