Text
SKRIPSI PENGARUH HARGA, KEPERCAYAAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada Pelanggan Grab Food di Kota Yogyakarta)
ABSTRAK
Grabfood merupakan layanan pesan-antar yang dimiliki oleh perusahaan Grab untuk membantu dan memudahkan konsumen dalam pembelian makanan. Grabfood menjadi layanan Online Food Delivery paling diminati di Asia Tenggara. Indonesia menjadi negara dengan transaksi OFD terbesar di Asia tenggara. Walaupun demikian, di Indonesia GrabFood kalah dalam persaingan dengan competitor sejenis yaitu Gofood dan Shopee Food. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga, kepercayaan, dan promosi terhadap kepuasan konsumen Grabfood di Yogyakarta. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif, populasinya yaitu seluruh pengguna layanan pesan-antar Grabfood di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel kepercayaan, dan promosi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Variabel harga, promosi, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan Grabfood di kota Yogyakarta.
Kata Kunci : Harga, promosi, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan
17-UN57.U1-SMJ-V-2024 | MANAJEMEN LUK P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain