Text
SKRIPSI PENGARUH PROMOSI, MOTIF BELANJA HEDONIS, DAN KETERLIBATAN PADA MODE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE LIVE UNTUK PRODUK FASHION DAN AKSESORIS)
ABSTRAK
Kemajuan teknologi dan internet yang semakin canggih, memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Perubahan belanja konvensional kini menjadi belanja online dengan berbagai inovasi terbarunya. Hadirnya fitur siaran langsung pada marketplace Shopee, mendorong konsumen melakukan pembelian secara impulsif. Kategori produk yang paling banyak dibeli konsumen ialah produk fashion dan aksesoris. Popularitas siaran langsung pada Shopee ditunjukkan dengan adanya peningkatkan penjualan pada saat melakukan siaran langsung. Namun, jumlah pendapatan Shopee mengalami penurunan sebesar 6,25% secara tahunan pada kuartal satu tahun 2022. Adanya permasalahan tersebut, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh promosi, motif belanja hedonis, dan keterlibatan pada mode terhadap pembelian impulsif pada Shopee Live. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan melalui survei secara online kepada 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan alat olah data SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Motif belanja hedonis tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel keterlibatan pada mode terhadap pembelian impulsif pada pengguna Shopee Live untuk produk fashion dan aksesoris. Pada uji F promosi, motif belanja hedonis, dan keterlibatan pada mode berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif pada pengguna Shopee Live untuk produk fashion dan aksesoris.
Kata kunci: Promosi, Motif Belanja Hedonis, Keterlibatan pada Mode, Pembelian Impulsif
91-UN57.U1-SMJ-VII-2024 | MANAJEMEN AND P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain