Text
SKRIPSI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN ALFAMART DI JALAN PAHLAWAN, KOTA MAGELANG)
ABSTRAK
Kondisi persaingan bisnis ritel di Indoneisa semakin kompetitif. Bisnis ritel perlu menjamin konsumennya puas agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Walaupun demikian, di Alfamart Jalan Pahlawan Kota Magelang sebagai toko ritel masih menerima keluhan dari konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan, harga dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Alfamart di Jalan Pahlawan Kota Magelang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu konsumen Alfamart di Jalan Pahlawan Kota Magelang. Sampel penelitian sebanyak 112 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Kuesioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga (X2) dan promosi (X3) terbukti berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen (Y), sedangkan variabel kualitas pelayanan (X1) tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, harga, dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Alfamart Jalan Pahlawan Kota Magelang.
Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi.
99-UN57.U1-SMJ-VII-2024 | MANAJEMEN PRA P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain