Text
SKRIPSI PENGARUH ADVERTISING, SALES PROMOTION, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA
ABSTRAK
Pertumbuhan pengguna internet dari tahun ke tahun menjadi penyebab adanya perubahan perilaku masyarakat. Salah satu perubahan perilaku tersebut, seperti pembelian atau penjualan yang sebelumnya dilakukan secara offline kini dapat dilakukan secara online. Marketplace merupakan platform online yang mempertemukan penjual dan pembeli secara daring. Marketplace harus terus berinovasi dalam memberikan pelayanan dan penawaran kepada konsumen untuk memenangkan persaingan pasar dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh advertising, sales promotion, dan brand image terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan 170 responden sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah para pengguna marketplace Tokopedia yang sudah pernah berbelanja minimal satu kali dan berusia minimal 17 tahun. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket atau kuesioner yang dibuat secara digital menggunakan Google Forms. Analisis data dilakukan menggunakan uji asumsi klasik dan uji analisis regresi linier berganda dengan alat bantu Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) 26. Hasil menunjukkan bahwa advertising, sales promotion, dan brand image secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia. Berdasarkan hasil temuan ini, Tokopedia dapat memperhatikan dan terus meningkatkan kualitas serta isi konten iklan, menjaga dan mengembangkan brand image dengan meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan, serta konsisten memberikan sales promotion sehingga dapat menarik dan mempertahankan konsumen.
Kata Kunci: Advertising, Sales Promotion, Brand Image, Keputusan Pembelian
86-UN57.U1-SMJ-VII-2024 | MANAJEMEN TRI P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain