Text
SKRIPSI PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, SHOPPING LIFESTYLE, DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP IMPULSE BUYING (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE LIVE)
viii ABSTRAK
Perilaku konsumen menjadi semakin modern dan kemajuan teknologi yang pesat berdampak pada pola pikir dan perilaku masyarakat sehingga menyebabkan perubahan dalam hal berbelanja. Belanja online melalui e- commerce menjadi suatu layanan yang sangat diminati. Salah satu e-commerce yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia pada saat ini adalah aplikasi Shopee. Pada 6 Juni 2019 Shopee meluncurkan fitur terbarunya yaitu live streaming shopping atau yang disebut dengan Shopee Live. Pada tahun 2023, Shopee Live mampu menduduki peringkat pertama dengan pangsa pasar tertinggi dari segi jumlah transaksi dan nilai transaksi dibandingkan kompetitornya. Namun Shopee perlu memperhatikan pesaingnya yang bergerak dalam fitur live streaming shopping yang juga menawarkan produk serupa karena seiring meningkatnya persaingan penjualan pada e-commerce yang menawarkan berbagai stimulus memicu munculnya pembelian impulsif. Maka dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi penjualan, shopping lifestyle, dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying pada Shopee Live. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode survei secara online kepada 100 responden dengan menggunankan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat olah data SPSS versi 26. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan tidak memiliki pengaruh terhadap impulse buying. Sedangkan variabel shopping lifestyle dan motivasi belanja hedonis berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying.
Kata kunci: Promosi Penjualan, Shopping Lifestyle, Motivasi Belanja Hedonis, Impulse Buying
93-UN57.U1-SMJ-VII-2024 | MANAJEMEN KUS P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain