Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK FASE E SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
ABSTRAK
Cahyani, N. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Fase E SMA Negeri 2 Temanggung pada Materi Perubahan Lingkungan. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Metakognitif, Pembelajaran Berbasis Masalah, Perubahan Lingkungan
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah keterampilan metakognitif yang belum diberdayakan sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Pentingnya penerapan keterampilan metakognitif terhadap keberhasilan belajar peserta didik yaitu melalui cara mengontrol pengetahuannya dengan baik dalam proses kegiatan belajarnya sehingga dapat mencerminkan dampak positif yang terjadi pada keberhasilan belajar peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik Fase E SMA Negeri 2 Temanggung pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XA dan XB tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yang ditemukan dengan menggunakan cluster random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji wilcoxon pada taraf signifikansi 0,05 serta dianalisis dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai ratarata keterampilan metakognitif pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 8,47% sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan keterampilan mental kognitif sebesar 3,14%. Dari analisis uji wilcoxon diperoleh signifikansi sebesar 0,028 artinya terdapat pengaruh antara keterampilan metakognitif peserta didik kelas eksperimen maupun kontrol pada kondisi akhir. Dan nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 45,94% sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 12,55%. Dari analisis uji wilcoxon diperoleh signifikansi sebesar 0,000 artinya terdapat pengaruh antara hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen maupun kontrol pada kondisi awal. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik Fase E SMA Negeri 2 Temanggung pada materi perubahan lingkungan. Pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah ini perlu dilakukan manajemen waktu yang tepat guna kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai rencana.
40-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI CAH P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain