PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK FASE E SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

NINDA CAHYANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Cahyani, N. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Fase E SMA Negeri 2 Temanggung pada Materi Perubahan Lingkungan. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Metakognitif, Pembelajaran Berbasis Masalah, Perubahan Lingkungan
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah keterampilan metakognitif yang belum diberdayakan sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Pentingnya penerapan keterampilan metakognitif terhadap keberhasilan belajar peserta didik yaitu melalui cara mengontrol pengetahuannya dengan baik dalam proses kegiatan belajarnya sehingga dapat mencerminkan dampak positif yang terjadi pada keberhasilan belajar peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik Fase E SMA Negeri 2 Temanggung pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XA dan XB tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yang ditemukan dengan menggunakan cluster random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji wilcoxon pada taraf signifikansi 0,05 serta dianalisis dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai ratarata keterampilan metakognitif pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 8,47% sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan keterampilan mental kognitif sebesar 3,14%. Dari analisis uji wilcoxon diperoleh signifikansi sebesar 0,028 artinya terdapat pengaruh antara keterampilan metakognitif peserta didik kelas eksperimen maupun kontrol pada kondisi akhir. Dan nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 45,94% sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 12,55%. Dari analisis uji wilcoxon diperoleh signifikansi sebesar 0,000 artinya terdapat pengaruh antara hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen maupun kontrol pada kondisi awal. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik Fase E SMA Negeri 2 Temanggung pada materi perubahan lingkungan. Pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah ini perlu dilakukan manajemen waktu yang tepat guna kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai rencana.


Ketersediaan
40-UN57.U1-SPB-VIII-2024BIOLOGI CAH P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI CAH P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;184HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik