Text
SKRIPSI PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, EKUITAS MEREK, PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA PENGGUNA LAYANAN E-COMMERCE TOKOPEDIA DI JAWA TENGAH)
ABSTRAK
Loyalitas pelanggan adalah hal yang penting dalam mencapai tujuan perusahaan dan merupakan bentuk kesetiaan seorang konsumen yang dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh online customer review, ekuitas merek dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna layanan e-commerce Tokopedia di Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan analisis data statistik. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini yaitu teknik purposive sampling dengan pemilihan responden sesuai dengan kriteria tertentu. Jumlah responden yang digunakan untuk penelitian ini yaitu 150 orang berdasarkan penelitian pendekatan dari Hair et al yang mengatakan bahwa jumlah sampel tergantung pada jumlah indikator yang dikali dengan angka 5-10. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 26. Variabel ini terdiri dari variabel independent online customer review, ekuitas merek dan promosi serta variabel dependen yaitu loualitas pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukan bawah online customer review memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Ekuitas merek menunjukan adanya oengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian promosi menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Online Customer Review, Ekuitas Merek, Promosi, Loyalitas Pelanggan
101-UN57.U1-SMJ-VIII-2024 | MANAJEMEN IFA P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain