Text
SKRIPSI PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, E-SERVICE QUALITY, DAN STRATEGI BUNDLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI VARIABEL INTERVENING MINAT BELI (STUDI PADA PENGGUNA OFFICIAL STORE WARDAH YANG MEMBELI PADA TOKOPEDIA DI JAWA TENGAH)
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang semakin pesat di Indonesia telah memberikan kemudahan akses bagi seluruh masyarakat Indonesia. Di era globalisasi internet berperan penting dalam mengubah gaya hidup masyarakat. Fenomena yang dialami yaitu perubahan gaya hidup berbelanja dan suka akan kepraktisan dapat dilihat dari jumlah pengguna e-commerce yang setiap tahun semakin meningkat. Tokopedia menjadi e-commerce urutan ke dua setelah shopee. Kehidupan modern ini menawarkan kepraktisan dan kemudahan konsumen untuk berpenampilan cantik dan terlihat menarik, tidak hanya dengan berpakaian untuk menunjang kecantikan kaum wanita, salah satunya adalah memakai produk kecantikan. Wardah merupakan produk yang sudah di kenal oleh masyarakat dan termasuk produk terlaris kedua pada Tokopedia. Pada tahun 2023 Wardah mengalami penurunan 3,5%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari online customer review (X1), e-service quality (X2), dan strategi bundling (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) melalui variabel intervening minat beli (Z) pengguna official store wardah pada tokopedia di Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan sampel yang digunakan sebanyak 160 responden. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SEM PLS dengan alat bantu SmartPLS 3.2.9. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa online customer review tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. E-service quality dan strategi bundling berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Online customer review dan minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. E-service quality dan strategi bundling tidak berpengaruh signifika terhadap keputusan pembelian. Kemudian untuk online customer review tidak berpengaruh signifikan dan untuk e-service quality dan strategi bundling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi minat beli.
Kata Kunci : Online Customer Review, E-Service Quality, Strategi Bundling, Minat Beli, Keputusan Pembelian
100-UN57.U1-SMJ-VIII-2024 | MANAJEMEN RAH P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain