Text
SKRIPSI EVALUASI RUGI-RUGI DAYA DAN SUSUT TEGANGAN PADA SALURAN CATENARY GARDU TRAKSI JALUR JOGJA-SOLO DI PT KAI (PERSERO) DAOP 6 YOGYAKARTA
ABSTRAK
Kereta Rel Listrik (KRL) menggunakan listrik sebagai sumber daya utama yang disalurkan melalui saluran catenary dan didukung oleh dua gardu traksi. Jarak yang jauh antara gardu traksi menyebabkan rugi-rugi daya dan susut tegangan yang signifikan. Akibatnya, efisiensi operasional KRL menjadi menurun. Penelitian ini bertujuan menghitung rugi-rugi daya dan susut tegangan untuk menentukan kerugian finansial dan jarak optimal antar gardu traksi guna meminimalkan rugi- rugi daya dan susut tegangan. Hasil menunjukkan rugi daya tertinggi pada Gardu Traksi Gawok – Gardu Traksi Ceper sebesar 3429,602kW dengan rugi biaya Rp 19.880.196,849. Susut tegangan tertinggi juga terjadi pada jalur ini, mencapai 338,740VDC atau 21,98% atau 21,98% dari tegangan GT Gawok dan 21,59% dari tegangan GT Ceper pada jarak KRL terhadap GT Gawok yaitu 6km. Jarak ideal antar gardu adalah 1-5km dengan susut tegangan di bawah standar PM 50 Tahun 2018 yaitu 10%.
Kata kunci : rugi-rugi daya, susut tegangan, saluran catenary, gardu traksi, kereta rel listrik (KRL)
86-UN57.U1-STE-IX-2024 | ELEKTRO DWI E 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK ELEKTRO) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain