PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENANGANAN KELUHAN DI PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA MAGELANG

RIZAL FERDIANSYAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Penanganan Keluhan Di Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Kota Magelang Oleh: Rizal Ferdiansyah NPM: 1910201122 PDAM Kota Magelang adalah salah satu organisasi yang bergerak dalam penyelenggara layanan publik dan perannya sangat strategis dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih. Namun pada praktiknya seringkali ditemui laporan keluhan yang disampaikan oleh masyarakat terkait dengan pelayanan yang diberikan. Permasalahan tersebut seperti air tidak mengalir dan air tidak lancar karena sering terjadi kebocoran pipa, akses informasi yang sulit didapatkan, pemberian pelayanan dan penyelesaian masalah yang kurang memuaskan, dan kurang tanggapnya responsivitas pelayanan penanganan keluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan keluhan pelanggan dan aspek yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: a) Kecepatanan penanganan, sudah dilakukan dengan baik. Tetapi untuk waktu penyelesaian masalah yang dibutuhkan tidak dapat dipastikan karena setiap permasalahan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. b) Penyelesaian masalah secara memuaskan, pada aspek ini sudah cukup baik karena hanya satu sub-aspek yang belum dilakukan yaitu tidak ada survei kepuasan pelanggan setelah petugas menyelesaikan keluhan pelanggan. c) Kemudahan pengajuan komplain, PDAM Kota Magelang sudah mudah dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media. Sedangkan untuk aspek yang mempengaruhi manajemen penanganan keluhan adalah: a) Aspek sumber daya manusia, aspek ini sudah dilakukan dengan baik. b) Aspek Organisasional, dapat disimpulkan cukup baik karena bisa memastikan hari kedatangan petugas ke rumah pelanggan dan adanya fasilitas yang sudah memadai untuk menangani keluhan pelanggan. c) Aspek teknologi informasi, PDAM Kota Magelang sudah menggunakan teknologi informasi dalam menangani keluhan pelanggan.
Kata Kunci; Penanganan Keluhan, Kepuasan Pelanggan, PDAM Kota Magelang.


Ketersediaan
76-UN57.U1-SSP-IX-2024ADMINISTRASINEGARA FER P 2024Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
ADMINISTRASINEGARA FER P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;136HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
350
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_ILMU_ADMINISTRASI_NEGARA
FAKULTAS_FISIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik