PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN ISU KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA

HANA FATIMAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Fatimah, Hana. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Isu Kontroversial untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Isu Kontroversial, Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis.Keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep adalah keterampilan penting perlu dikuasai siswa, akan tetapi kedua keterampilan tersebut masih tergolong rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengasah keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep. Model pembelajaran berbasis masalah diketahui dapat membantu meningkatkan kedua keterampilan tersebut, melalui pembelajaran yang menyuguhkan permasalahan nyata. Penelitian ini menggunakan isu kontroversial sebagai masalah nyata yang perlu dihadapi oleh siswa. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah menggunakan isu kontroversial dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia, serta mengetahui pengaruh penguasaan konsep terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan, dengan sampel penelitian terdiri dari kelas VII B sebagai kelas kontrol dan VII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian terdiri dari lembar tes penguasaan konsep dan lembar tes keterampilan berpikir kritis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai uji Independent Sample T-Test pada keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep sebesar 0,000, angka tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil uji N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,73 yang tergolong tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,24 yang tergolong rendah. Hasil uji N-Gain penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar 0,56 yang tergolong sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,28 yang tergolong rendah. Hasil uji regresi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya terdapat pengaruh antara penguasaan konsep terhadap keterampilan berpikir kritis, dengan presentase pengaruh sebesar 27,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah menggunakan isu kontroversial efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia, serta terdapat pengaruh antara penguasaan konsep terhadap keterampilan berpikir kritis.


Ketersediaan
83-UN57.U1-SI-VIII-2024IPA FAT E 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA FAT E 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVI;214HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik