Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN ISU KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA
ABSTRAK
Fatimah, Hana. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Isu Kontroversial untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Isu Kontroversial, Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis.Keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep adalah keterampilan penting perlu dikuasai siswa, akan tetapi kedua keterampilan tersebut masih tergolong rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengasah keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep. Model pembelajaran berbasis masalah diketahui dapat membantu meningkatkan kedua keterampilan tersebut, melalui pembelajaran yang menyuguhkan permasalahan nyata. Penelitian ini menggunakan isu kontroversial sebagai masalah nyata yang perlu dihadapi oleh siswa. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah menggunakan isu kontroversial dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia, serta mengetahui pengaruh penguasaan konsep terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan, dengan sampel penelitian terdiri dari kelas VII B sebagai kelas kontrol dan VII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian terdiri dari lembar tes penguasaan konsep dan lembar tes keterampilan berpikir kritis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai uji Independent Sample T-Test pada keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep sebesar 0,000, angka tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil uji N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,73 yang tergolong tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,24 yang tergolong rendah. Hasil uji N-Gain penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar 0,56 yang tergolong sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,28 yang tergolong rendah. Hasil uji regresi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya terdapat pengaruh antara penguasaan konsep terhadap keterampilan berpikir kritis, dengan presentase pengaruh sebesar 27,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah menggunakan isu kontroversial efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia, serta terdapat pengaruh antara penguasaan konsep terhadap keterampilan berpikir kritis.
83-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA FAT E 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain