Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Anggraeni, Fara. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan E-Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M.Pd.
Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, E-learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Kemampuan pemahaman konsep adalah penguasaan berbagai materi pelajaran, dimana siswa tidak hanya sekadar mengetahui dan memahami, tetapi juga mampu menjelaskan kembali konsep tersebut dengan cara yang mudah di[ahami dan dapat mengaplikasikannya. Berdasarkan tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Mertoyudan Tahun Ajaran 2023/2024, hasil tesnya adalah yang termasuk pada kategori sangat rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom, yang memungkinkan siswa untuk berperan aktif melalui pembelajaran di luar dan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbantuan e-learning. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan model pembelajaran langsung serta menganalisis keefektifan model pembelajaran flipped classroom berbantuan e-learning dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimen berupa the nonequivalent posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mertoyudan Tahun Ajaran 2023/2024 berjumlah 192 orang siswa, sementara sampel dipilih dengan cluster random sampling dimana terpilih kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik pengumpulan datanya, yaitu teknik wawancara, teknik observasi, teknik angket, teknik tes, dan dokumentasi
85-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA ANG E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain