Text
SKRIPSI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA PENGGUNA SHOPEE DI INDONESIA)
ABSTRAK
E-commerce merupakan suatu proses berbisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik melalui internet. Shopee merupakan salah satu aplikasi e-commerce atau platform belanja online yang memberikan kemudahan, kenyamanan dan pengalaman baru bagi penggunanya. Sehingga Shopee memanfaatkan momen ini dengan memperbaiki kinerjanya agar dapat meningkatkan pengguna Shopee. Akan tetapi hal ini tidak berbanding dengan harapan konsumen karena masih banyaknya ulasan negatif yang diberikan pelanggan pada Shopee yang memperlihatkan kurangnya kepuasan pelanggan atau kekecewaan terhadap kinerja perusahaan yang akan berpotensi mempengaruhi loyalitas pelanggan pada Shopee. Hal ini dibuktikan dengan adanya kecenderungan penurunan traffic pengunjung pada situs Shopee di awal tahun 2023. Oleh karena itu, penelitian terkait faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada Shopee penting dilakukan. Adanya kesenjangan hasil penelitian terdahulu juga menjadikan alasan untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini meneliti loyalitas pelanggan pada Shopee dengan menggunakan variabel independen kualitas pelayanan, harga dan promosi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner dan wawancara langsung kepada responden sebagai metode pengumpulan data. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 pengguna Shopee dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penilitian ini menggunakan SPSS 29 sebagai alat untuk melakukan analisis pada uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Dari hasil uji analisis yang dilakukan, menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan untuk variabel harga tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan Shopee.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, harga, promosi, dan loyalitas pelanggan.
116-UN57.U1-SMJ-IX-2024 | MANAJEMEN AGU P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain