Text
SKRIPSI PENGARUH PERKEMBANGAN BISNIS E-COMMERCE DAN AKSES TELEKOMUNIKASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO INDONESIA TAHUN 2019-2022
ABSTRAK
Selama beberapa tahun terakhir e-commerce di Indonesia telah berkembang dengan pesat dan semakin intens karena adanya pandemi covid-19. Kondisi ini memicu munculnya kebiasaan baru untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada. Kegiatan pemenuhan kebutuhan pokok yang sebelumnya dilakukan dengan belanja secara langsung berubah menjadi tidak langsung (online). Dengan perubahan perilaku masyarakat tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengusaha sektor e-commerce, ekspor melalui ecommerce, pengguna internet dan Base Transceiver Station (BTS) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di indonesia tahun 2019-2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dari 34 provinsi selama periode tahun 2019 – 2022. Untuk menganalisis pengusaha sektor e-commerce, ekspor melalui e-commerce, pengguna internet dan BTS terhadap PDB di indonesia Menggunakan model regresi data panel. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa pengusaha sektor e-commerce dan pengguna internet berpengaruh positif signifikan terhadap PDB, ekspor melalui e-commerce berpengaruh negatif signifikan terhadap PDB , Sedangan BTS berpengaruh negatf dan tidak signifikan terhadap PDB di indonesia. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa pengusaha sektor e-commerce, ekspor melalui e-commerce, pengguna internet dan BTS berpengaruh signifikan terhadap PDB di indonesia.
Kata Kunci : PDB, E-Commerce, Internet, BTS
99-UN57.U1-SE-X-2024 | PEMBANGUNAN AMA P 2024 | Ruang Skripsi (EKONOMI PEMBANGUNAN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain